Alasan Tepat Berjejaring Sosial



Dewasa ini siapa yang tidak kenal dengan yang namanya jejaring sosial. Tentu sobat sekalian kenal bahkan setiap hari mengkonsumsinya seperti facebook dan twitter. Yah mereka telah berevolusi menjadi konsumsi primer bagi remaja bahkan orangtua sekalipun. Tidak dipungkiri kita rela menghabiskan waktu berjam-jam demi facebook dan twitter. Alhasil harus menkudeta jam istirahat kita. Jangan bohong, pasti kita pernah menzhalimi waktu efektif istirahat kita demi mereka. Fenomena ini telah merasuki kawula muda di berbagai belahan dunia.
Tapi perlu sobat-sobat ketahui  bahwa tidak selamanya berjejaring sosial itu selalu mendapatan tempat yang baik di mata masyarakat. Banyak terjadi penyalahgunaan yang diakibatkan dari jejaring sosial, seperti penipuan, pelecehan, pemerkosaan dan kejahatan lainnya.
Namun dari kesenangan yang telah menjadi kebiasaan ini ada baiknya kita kurangi agar tidak merugikan diri kita sendiri dengan beberapa hal diantaranya,
·         Untuk media komunikasi yang secukupnya. Misalnya bagi kamu-kamu yang memiliki teman di ujung Merauke mungkin dengan jejaring sosial dapat menguatkan silaturahmi karena jarang bertatap muka secara langsung. Munimal satu minggu sekali cukup untuk poin pertama ini.
·        Untuk media informasi. Yah tidak dipungkiri memang jejaring sosial selain juga sebagai media komuikasi instan juga dapat kita gunakan sebagi media informasi. Kita dapat memberikan informasi seperti berita, undangan, acara dan lain-lain.  Hal ini faktor yang melatarbelakangi berkurangnya andil jasa pos dalam menjalankan salah satu perannya sebagai pengantar surat.
·         Hiburan. Yah memang salah satu cara yang sangat efektif  jika kamu-kamu sedang galau dan gundah. Aktivitas yang paling ampuh adalah berselancar di dunia maya salah satunya jejaring sosial. Kita bebas meluapkan isi hati kita di layanan yang disediakan jejaring sosial. Secara langsung kegalauan, kegundahan akan perlahan hilang dengan keasyikan yang kita alami. Jadi jika hati sedang kacau, tubuh sedang lunglai kunjungi saja jejaring sosialmu. Iu sudah cukup menemani hari-harimu.
·         Untuk media sharing atau diskusi. Mungkin pilihan yang satu ini adalah pilihan yang tepat jika kita ingin berjejaring sosial. Kita bebas memilih teman diskusi yang menurut kita sesuai dengan topik yang akan didiskusikan. Misalnya kita ingin berdiskusi tentang kesehatan tubuh, konsultasi aja dengan dr. Boyke. Apabila kita ingin berdiskusi mengenai dunia pendidikan indonesia konsultasi aja dengan Pak Nuh. Aku rasa mereka memiliki akun di jejaring sosial baik itu facebook maupun twitter.
·         Promosi. Yang terakhir ini mungkin berkaitan dengan bisnis. Yah jejaring sosial juga menyediakan layanan waralaba bagi user-nya dalam mempromosikan iklan. Hal ini sangat menguntungkan bagi pengiklan jika memiliki banyak teman sosial media. Namun harus tetap berwaspada dengan kejahatan cyber yang kerap terjadi.

Kelima alasan di atas sudah cukup menguatkan bagi sobat sekalian untuk tidak menceraikan jejaring sosial dengan aktivitas senggang lainnya. Tapi, gunakanlah jejaring sosial itu sesuai dengan manfaat yang baik. Itu pesan saya buat kita semua. Selamat berjejaring sosial.
Oleh Bambang Edi Susilo
Alasan Tepat Berjejaring Sosial Alasan Tepat Berjejaring Sosial Reviewed by Bambang Edi Susilo on Sunday, November 10, 2013 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads