Dinamika, Mengenalkanku Pada Slogan ‘Semangat Ngaji #10


Para Laskar Pelangi (Pemuda Gila Ngaji)
Awalnya aku beranggapan berada di Dinamika hanya disibukkan dengan urusan liputan, tulisan dan ngadain acara. Karena yang ku tahu Dinamika adalah lembaga pers mahasiswa yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan. Namun, telaknya aku salah sangka. Dinamika berkomitmen untuk meluangkan waktu untuk duduk sejenak bersama muallim mengkaji ilmu-ilmu keislaman untuk mengimbangi ilmu dunia. Yah, kegiatan ini telah ada sejak aku mampir di Dinamika tahun 2011. Dan Alhamdulillahnya, sampai hari ini masih tetap berlangsung. 

Memang secara institusi tak begitu aneh melihat kita berada di lingkungan kampus yang bernafaskan Islam untuk melaksanakan kajian rutin seperti ini. Namun, yang patut diberikan apresiasi adalah semangat-semangat muda yang begitu luar biasa untuk mengecap ilmu akhirat  yang sudah mulai terkikis oleh zaman. Coba itung lebih banyak mana? Pusat belajar matematika atau fikih? Pasti sobat sekalian sudah bisa menjawabnya. Begitulah fenomena yang ada. Riskan memang menanggapinya.

Namun, apa yang telah dilakukan Dinamika untuk kembali menggaungkan kajian-kajian ilmu agama seperti fikih, tauhid, tasawuf adalah hal yang luar biasa. Di tengah-tengah kesibukan mahasiswa dengan aktivitas kuliah dan organisasinya masih dapat meluangkan waktu untuk duduk bersama mengkajinya. Bisa dibayangin begitu senangnya para ulama melihat yang seperti ini. Karena yang ditakutkan para ulama adalah ketika ilmu yang dimilikinya tak tersampaikan kepada para generasi lanjutan yang akan kembali menyampaikan risalah agama ini. dan apa jadinya kalau generasi lanjutan tak paham dengan nilai-nilai Islam itu sendiri.

Harapannya untuk pengurus Dinamika selanjutnya untuk tetap melaksanakan kegiatan yang dirahmati Allah SWT ini. karena selain mendapatkan keberkahan majlis, juga menambah wahana keilmuan dalam penerapan ibadah yang diperintahkan-Nya dan utusannya. Karena tiadalah berguna hidup ini tanpa amalan kepada Allah SWT. Karena tujuan dari penciptaan manusia tak lain adalah untuk mengabdi kepada-Nya. Takbir!!!!

Selain itu, untuk menambah keilmuan yang lebih mendalam lagi, kita dapat mengunjungi majlis-majlis yang ada di Medan. Contohnya saja pengajian Al-Ittihad di komplek wartawan, Medan Timur. Biasanya rutinitas mengkaji ilmu agama di hari Sabtu malam ba’da Isya. Disana banyak sekali jama’ahnya. Ada sekitar 300 orang jama’ah dari majlis al-Ittihad ini.

Dan yang selalu kuingat adalah sesosok alumni dari Dinamika yang selalu mengingatkan kami untuk selalu mendatangi majlis-majlis  agama. Dialah yang memberikan pintu kepada kami sebagian dari kru Dinamika untuk selalu komitmen dalam mengkaji ilmu-ilmu agama. Karena, yang aku pelajari berkah dari menuntut ilmu agama itu luar biasa banyaknya.

Dengan aktivitas seperti inilah slogan dijudul cerita ini muncul. Slogan ‘Semangat Ngaji’ akan 
selalu terngiang hingga nanti Insya Allah. Dan harapannya semoga kita sebagai umat Islam untuk senantiasa menggali ilmu secara seimbang antara ilmu agama dan ilmu dunia. Karena manfaatnya sangatlah banyak, selain memperbaiki akidah dan akhlak manusia juga memperbaiki ibadah kita kepada Allah SWT. Amiin. Insya Allah.
Dinamika, Mengenalkanku Pada Slogan ‘Semangat Ngaji #10 Dinamika, Mengenalkanku Pada Slogan ‘Semangat Ngaji #10 Reviewed by Bambang Edi Susilo on Tuesday, November 18, 2014 Rating: 5

Post AD

home ads