Jangan Biarkan Anak Menghabiskan Waktu Sia-sia

Artikel yang terbit KEMAREN...
Minggu, 10 Januari 2016 | Dibaca 442 kali
 Oleh: Bambang Edi Susilo
Foto: Dokumentasi Analisa
Seorang anak nyatanya masih memiliki hubungan psikologis yang melekat pada orangtua. Setiap tindakan yang dilakukan masih dalam pengawasan orangtua. Sehingga terkadang seorang anak menginginkan kebebasan dari pengawasan orangtuanya. Selain orangtua pengawasan juga dilakukan oleh sekolah.
Nah, seorang anak cenderung akan memilih untuk tidak pulang ke rumah selepas jam sekolah usai. Ia lebih menghabiskan waktu bersama teman-temannya hingga sore bahkan malam. Hal ini dilakukan untuk lepas dari pengawasan yang ketat dari orangtua dan bebas dari pengawasan. Tetapi mereka terkadang beralasan masih ada jam belajar di sekolah.
Seorang anak terkadang merasa bosan dengan keadaan lingkungan keluarganya. Keluarga yang berlebihan dalam mengawasi segala tindakan anaknya akan merasa risih dan terkekang. Maka anak akan mencari cara untuk melepaskan jeratan orangtuanya dengan menghabiskan waktu di luar rumah.
Akhirnya waktu yang kosong selepas pulang sekolah dimanfaatkan untuk bersenang-senang dengan teman-teman. Ada yang berkumpul-kumpul tidak jelas, ada yang menghabiskan waktu di warung internet, ada yang bermain game online dan aktivitas lainnya.
Sebenarnya hal ini dapat diminimalisir dengan memberikan kepercayaan yang lebih kepada sang anak. Seorang anak akan merasa dihargai jika orangtuanya mendidik dengan cara yang tepat.  Membiarkan namun tetap mengawasi. Mengingatkan tanpa menyalahkan tindakan yang menyimpang.
Selain itu anak harus mendapatkan teladan yang baik dari orangtua. Orangtua yang baik akan senantiasa memberikan pendidikan yang tepat buat anak-anaknya. Mereka tidak hanya membiarkan anaknya mendapatkan pendidikan di sekolah, namun juga di keluarga.
Keluarga harus bisa membuat jadwal bagi anak selepas pulang sekolah. Seperti les, mengaji sore dan waktu bersosialisasi dengan teman-teman atau bermain.
Untuk mewujudkan ini, di rumah kondisi keluarga harus harmonis karena jika memang menginginkan anak yang baik, maka keharmonisan dalam keluarga harus terus dijaga.


Jangan Biarkan Anak Menghabiskan Waktu Sia-sia Jangan Biarkan Anak Menghabiskan Waktu Sia-sia Reviewed by Bambang Edi Susilo on Saturday, January 23, 2016 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads