Beberapa Kecenderungan Sikap Orang Berinstagram, Kamu Pasti Pernah Melakukan!!!

Ada beberapa hal unik yang kerap terjadi ketika berinteraksi kepada seseorang di dunia maya, terkhusus instagram. Hal unik tersebut berujung pada perilaku social yang terkadang mudah ditebak. Bahkan melalui sebuah emoticon saja sudah menggambarkan isi hati.

Kecenderungan setiap orang ketika berinteraksi di instagram akan lebih mudah dipahami hanya dengan symbol-simbol dan kata kata. Fasilitas love dan comment yang ada semakin memudahkan bagi kita mempelajari hasrat dan keinginannya terhadap kita.

Perhatian

Dalam psikologi social, Perhatian atau rasa peka terhadap apa yang terjadi dalam lingkungan sosial seseorang juga mempengaruhi cara seorang individu bersikap terhadap hubungan sosialnya. Sehingga bentuk perhatian terhadap seseorang dalam dunia maya dapat menjadi tolak ukur ketertarikan terhadap lawan sosialnya. Dalam hal ini lawan yang bersifaf positif

Misalnya saja kita baru saja posting sebuah foto yang menjelaskan keadaan suasana hati. Jika ada orang yang menanggapi dengan like atau comment, hal ini menandakan orang tersebut peduli dan respect terhadap kita. 

Dalam Teori Atribusi, dijelaskan mengenai bagaimana seseorang menentukan dikap, sifat, atau karakteristik berdasarkan apa yang diketahui mengenai orang tersebut pada situasi dan dengan perilaku tertentu. Sehingga kita dapat memahami kecenderungan sikap seseorang apakah dia dapat berinteaksi dengan baik atau hanya sekedar saja. Itu dapat terlihat dari mimic emot dan kadar dialog teks

Begitupula orang yang selalu kepoin dan pantengin akun IG kita terus-terusan, lihat pemberitahuan yang muncul, lihat postingan terbaru, bahkn rajin komen dan like postingan kita. Hal ini menunjukkan adanya keinginan untuk mengetahui. Yang berujung sikap ingin mempelajari perilakunya.

Tak jarang perilaku mengintai seperti ini akan membahagiakan bagi orang-orang tertentu. Jika ia dapat mengetahui suasana hati, kegiatan yang sedang dilakukan, tentu ini menjadi kebahgaiaan tersendiri.

Wadah Identifikasi

Maka tak heran, Instagram menjadi sangat popular karena fiturnya yang lebih mengedepankan media berbagi pengalaman dan yang  terjadi di kehidupan seseorang. Sehingga segala aktivitas dan perilaku kita jika dishare akan dapat dipelajari dan dimengerti bagi orang-orang tertentu

Marshall McLuhan dalam karyanya “The Medium is the Message” mengklaim bahwa:“suatu alat (atau suatu proses teknologi) modern – elektronik – memberikan bentuk baru dan merestrukturisasi skema ketergantungan sosial layaknya setiap aspek kehidupan pribadi kita. 

Instagram merupakan sebuah fenomena. Kehadiran dan perkembangannya merasuk dengan cepat ke dalam sendi-sendi kehidupan manusia, bahkan perilaku kesehariannya. Perkembangan instagram pun tidak dapat dihindarkan bagi kita, para manusia modern. Melek teknologi adalah sebuah keharusan. 

Namun begitu, sikap yang sebaiknya kita ambil adalah mengikuti perkembangan teknologi informasi tersebut dan menjadi bagian darinya, tanpa harus dikendalikan olehnya. Dan tak ikut menimbulkan dampak negatif atas perilaku yang rentan terjadi seperti saling menhina dan menyebar kebencian.
(dikutip dari berbagai sumber)

Beberapa Kecenderungan Sikap Orang Berinstagram, Kamu Pasti Pernah Melakukan!!! Beberapa Kecenderungan Sikap Orang Berinstagram, Kamu Pasti Pernah Melakukan!!! Reviewed by Bambang Edi Susilo on Monday, April 16, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads