Demam CPNS Merajalela Seantero Tanah Air. Siapa Yang Diuntungkan?

Setelah Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mempublikasikan informasi pengumuman resmi pembukaan CPNS 19 September lalu, masyarakat dihebohkan dengan salah satu profesi yang menjanjikan dengan gaji dan jaminan hari tuanya. Tak hanya di pembicaraan mulut ke mulut, demam CPNS juga melanda di jagat dunia maya. Bahkan lebih deras lagi pembicarannya.

Segala usia ikut memperbincangkan, mulai dari usia millenial, kaum ibu dan bapak bahkan orangtua lanjut usia. Harapannya satu, bagaimana dia atau anaknya bisa mengikuti seleksi tersebut. Sehingga informasi pembukaan CPNS ini sudah ditunggu hampir sebagian lebih masyarakat Indonesia baik di perkotaan terlebih pedesaan. Bahkan ditunggu hingga setahun yang lalu.

Namun ada beberapa oknum ataupun instansi yang diuntungkan dengan adanya seleksi CPNS ini. Mau tau apa saja menurut Bembengers oknum atau instansi tersebut?

1. Rental scan dokumen
ilusrasi: bamzsusilo
Karena pendaftaran CPNS secara online telah diberlakukan sejak 2014 lalu, maka dokumen persyaratan diharuskan diunggah melalui sistem elektronik. Sehingga bayangkan saja jika rental scan mematok harga 2000 rupiah saja per dokumen dan minimal ada 5 dokumen yang mesti di scan, sudah berjumlah 10.000 rupiah.

Jika dihitung dalam satu kecamatan ada sekitar 5000 pendaftar yang meng-scan di satu rental tersebut, apa gak 50 juta juga terkumpul omsetnya dalam periode September-Oktober ini. Emezing

2. Petugas Legalisasi Ijazah
Masih smaa perhitungannya, jika ada sekitar 5000 wisudawan yang mendaftar CPNS dan mengharuskan dia untuk melengkapi dokumen seperti surat akreditasi jurusan. Misalnya biaya legalisasi 2000/perlembar. Kita paling tidak membutuhkan 5 lembar. Karena kita butuh cepat dan meminta petugasnya agar dilayani dengan segera dengan membayar seumlah uang rokok atau uang terimakash karena sudah dilayani duluan. Kita anggaplah 50.000 untuk 5 lembarnya. Apa gak kaya mendadak petugas legalisasi dokumen di kampus tersebut. Alhamdulillah rezeki nomplok kata bapak petugasnya. Hehe.

3. Jasa desain pasfoto
Mau gak mau studio bakalan rame walupun hanya sebatas foto untuk ukuran 3x4 cm. Meski biasanya yang foto di studio untuk golongan kelas menengah ke atas. Karena biasanya bagi anak millenial lebih memanfaatkan jasa temannya yang bisa pakai ilmu dasar photoshop. Biasanya bayarannya cum traktir bakso semangkuk atau main PS 2 jam.

Namun  jika mau dibuat jadi lahan bisnis, bisa juga dibuat iklan 2 baris di halaman sampul belakang di majalah atau koran bergambar. Tarifnya kasih murah aja. 10 rebuan. Lumayan juga kalau dikumpulin.

4. Kepling atau Ketua RT
KTP/pengganti identitas dari instansi terkait adalah syarat mutlak seseorang mendaftar CPNS. Sehingga kantor-kantor pemerintahan sepert kantor lurah atau Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil akan diserbu banyak pelamar yang belum memiliki surat identitas ini. Sehingga sebagai perantara pertama yaitu ketua RT atau kepala lingkungan akan mendapatkan tip lebih banyak dibanding hari hari biasa. 

Pelamar biasanya tdak ingin berlama lama dalam pengurusan KTP. Sehingga salah satu jalan yang ditempuh dengan cara memberi uang tambahan kepada ketua RT atau kepling agar proses administrasi berjalan sesuai harapan. Ini hanya dugaan ya. Hehehe.

5. Pedagang kemeja putih
Yah, saat ujian CAT dan lainnya, biasanya peserta akan diminta untuk menggunakan kemeja berwarna putih jika berjenis kelamin laki laki. Sehingga tak jarang seminggu sebelum ujian dilaksanakan, banyak pedagang atau pasar pasar yang menyediakan kemeja putih ala ala untuk mengatasi banyaknya permintaan. 

Pedagang bisa saja menaikkan harga sedikit lebih jika mau. Karena peserta CPNS pasti butuh dan akan membeli juga pada akhirnya. Banyak juga yang memanfaatkan kemeja bekas yang banyak dijual di pasar pasar tradisional. Sleian  harganya lumayan ekonomis, kita juga bisa memilih kondisi kemejanya yang masih lumayan bagus.




Demam CPNS Merajalela Seantero Tanah Air. Siapa Yang Diuntungkan? Demam CPNS Merajalela Seantero Tanah Air. Siapa Yang Diuntungkan? Reviewed by Bembengers on Monday, September 24, 2018 Rating: 5

2 comments

Infowah said...

Nice info guys

Rizka Wulandari said...

Tempat tes toefl diuntungkan banget selalu full seat untuk tes TOEFL ITP hihi

http://www.hijabransel.com/

Post AD

home ads