Sikap Mahasiswa Berpolitik

Politik yang bergulir ditanah air memang sedang panas-panasnya. Setelah hasil pemilihan legislatif diketahui walaupun melalui quickcount telah banyak mempengaruhi masyarakat Indonesia termasuk mahasiswa. Mahasiswa yang berperan dalam pemilu kali ini tidak hanya dituntut sebagai pemilih, melainkan pengawas pada jalannya proses demokrasi lima tahunan ini.
Mahasiswa yang terjun dalam politik bukanlah suatu hal yang baru. Dikampus-kampus menjamur organisasi ekstra yang bertujuan untuk memperebutkan jabatan lembaga eksekutif di kampus masing-masing. Mahasiswa yang berlatarbelakang organisasi ekstra tidak hanya menambah wawasan dan pengetahuaannya, namun juga memberikan pengetahuan berpolitik level awal. Minimal mereka yang berorganisasi mendapatkan pendidikan berpikir kritis dan peka terhadap politik yang mewabah dikampusnya.
Mahasiswa sebagai elemen penting dalam akademik kampus harus turut berpartisipasi dalam memajukan kampusnya dengan berpolitik. Dan kedepannya mahasiswa yang berpolitik tersebut dapat menyuarakan aspirasi mahasiswa yang mendambakan kebijakan kampus yang pro kemajuan.
Selain itu, mahasiswa yang berpolitik diharapkan menjadi wadah kontrol sosial dalam mengawal kebijakan kampus yang dinilai overlapping. Mereka yang disebut sebagai insan idealis akan memperjuangkan nilai-nilai kebenaran untuk kemajuan kampus tercinta.

*tulisan ini gagal terbit di kolom argumentasi kompas kampus


Sikap Mahasiswa Berpolitik Sikap Mahasiswa Berpolitik Reviewed by Bambang Edi Susilo on Wednesday, April 30, 2014 Rating: 5

Post AD

home ads