Hobi Baru, FM 13


Sudah lama tak menyentuh stut-stut keyboard di notbook kesayangan. Sekitar dua minggu menurut perhitunganku. Maklumlah, minggu-minggu ini aku sedang sibuk dengan hobi baruku. Sehingga aku terpaksa menomorenambelaskan kegiatan menulisku. Mau tau apa hobi baruku? Mau tau aja atau mau tau banget? Penasaran kan sob? Kalau gak penasaran aku hentikan nih tulisan. Hehehe. Maklumlah, abang orangnya tukang merajuk. Dikit-dikit ngambek kalau gak dituruti keinginannya.

Dua minggu ini aku dirasuki oleh aktivitas yang sangat menyita waktu. Bukan aktivitas yang begitu positif sih menurutku. Hanya saja aktivitas ini bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan jika tidak ada kerjaan. Atau sedang merasa mual dengan pekerjaan sehari-hari di kantor. Akhirnya, dengan beberapa pertimbangan, aku memutuskan untuk mencoba aktivitas ini. Awalnya aku malu-malu, lama kelamaan kok malu-maluin. Eh, maksudnya ketagihan. 

Masih mau tau gak aktivitasnya apaan sob? Kalau gak mau juga, yaudah deh. Kita selesaikan aja perbincangan kita. Berlanjut perbincangan di atas ring. Mau? Gak mau kan. Yaudah, lanjut aja. Itu pilihan tunggal. Gak ada pilihan lainnya. Hehe. Kok malah maksa sih Mbeng? Iyalah, abang orangnya maksaan dek. Kalau gak diturutin bisa ngembek. Owale, kok ngulang lagi. Huh.

Okelah, aktivitasku satu ini berhubungan dengan olahraga. Namun, olahraganya dimainkan lewat audio visual dengan bantuan notebook. Kalian pada taulah olahraga apa yang paling diminati penduduk bumi ini, pastinya sepakbola. Yah, aku mulai tertarik memainkan game ini melihat beberapa rekan sekamarku memainkannya. Udah lama sih rekanku ini bermain game ini. Sebut saja rekanku ini bernama Adjo. 

Adjo sudah hampir dua tahun ini rutin bermain game ini. Sebut saja game ini Football Manager. Kalau yang cap lonceng dan gentlemen pasti tau tuh. Game ini adalah simulasi permainan sepakbola, namun kita (user) berperan sebagai manager atau pelatih. Gituuu. Keren kan  gamenya. Awalnya aku sempat kesulitan untuk memainkan game ini. Bukan karena aku tidak mahir, namun karena notbookku terlalu minimum requairement untuk game visual secanggih ini. 

Akhirnya aku berhasil mengunduh game Football Manager (FM) 2008 berkat bantuan wifi.id di kantor. Setelah menginstall, aku diejekin oleh Adjo yang menggunakan versi lebih anyar, FM 2013 dengan tampilan yang sudah 3D. Tak apelah, yang penting bisa main juga, walaupun tampilan 2D. Mau tau tampilannya gimana sob. Tampilannya tuh memang persis seperti simulasi sepakbola, tapi orangnya gak mirip banget keles. Orangnya itu hanya diberi simbol-simbol titik. Kan gak necis sob. Kita gak tau pergerakan pemain kita. Tiba-tiba udah gol aja. Ntah pake kaki atau kepala bahkan pake bokon* mungkin ngegolinnya. Huh.

Akhirnya beberapa hari aku mainin FM 2008 di notbook kesayangan. Namu, lama kelamaan aku kok penasaran ya. Kenapa gak dicoba aja FM 2013 diinstall ke notbook. Manatau bisa. Kan gak diejekin lagi sama Adjo. Akhirnya aku minta file installer FM 2013 kepada Adjo. Namun, setelah proses instalasi sukses, file open FM 2013 malah error. Aku sempat pusing. Tanyak aAdjo dia gak tau gimaa solusinya. Akhirnya satu malam aku urungkan niat untuk bermain FM. Aku sibuk mencari jalan keluar supaya notbookku support dengan FM 2013. 

Esok pagi aku sengaja lebih awal pergi ke kantor untuk mencari referensi terkait notbook yang support untuk bermai FM 2013. Aku hampir pesimis. Apa aku urungkan saja niat bermain FM 2013 dalam hidupku. Aku bosan dengan semua ini. Biarlah asa ini terkubur dalam penyesalan yang tak kunjung henti. Apasih, kok malah bersajak. Gak loh, itu hanya luapan emosi seorang putra raja dari sisa kesultanan Si Umbut-Umbut. 

Namun, dalam keseriusanku mencari referensi di google terkait di atas, ada satu artikel yang berisi trik bermain FM 2013 di notbook. Dengan kegirangan sambil sujud sahwi, ups sujud syukur maksudnya, aku membuka alamat artikel tersebut. Dalam artikel tersebut dijelaskan tutorialnya secara jelas dengan cara mengubah resolusi game menjadi sesuai dengan resolusi yang minim. Mau lebih jelas, ada tuh di youtube tutorialnya. 

Alhamdulillah, akhirnya aku dapat bermain FM 2013 dengan sedikit kekurangan. Mash saja ada beberapa opsi dalam game yang tidak kelihatan karena resolusi yang minim. Tapi tak apelah, yang terpenting hobi baruku tercapai dalam mengisi hari-hariku yang terkadang dilanda kejenuhan. Sekian. Semoga langgeng ya dengan hobi baru. Aku cinta dengan hobi baru ini. Love U FM 13.
Hobi Baru, FM 13 Hobi Baru, FM 13 Reviewed by Bambang Edi Susilo on Wednesday, May 20, 2015 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads