Beberapa Hal Yang Mesti Kau Persiapkan Sebelum Tamat Kuliah



Waktu kuliah merupakan masa yang paling asik dilalui mahasiswa. Di perkuliahan kita merasakan yang namanya belajar 30% dari dosen, sisanya belajar di kehidupan nyata, alias cari sendiri. (ini pembohongan publik). Kalian pasti pernah mendengar ceramah dosen yang begituan. Ini alibi saja, padahal dia mau ngopi di kantin seberang. Alhasil kita jadi diskusi sendiri dengan teman sekelas tanpa ada informasi tambahan dari dosen. Taulah gimana diskusi ala mahasiswa yang tidak ditemani dosen (Kalian pasti paham).


Sehingga hal pertama yang harus kau dalami adalah kemampuan berbicara. Dan itu awalnya diperoleh dari dalam kelas saat diskusi mata kuliah. Karena mahasiswa yang cerdas adalah yang mampu berbicara untuk menuangkan gagasan atau pikiran terhadap sebuah permasalahan. Karena kemanapun kau berpijak, yang menjadi tolak ukur kualitas dirimu adalah kebergizian materi yang keluar dari mulutmu, Ini quotes kita guys untuk malam ini.


Kemudian di perkuliahan juga kalian bakal menemukan begitu banyak jenis organisasi kampus. Baik yang dinaungi langsung oleh kampus, maupun luar kampus. Saranku pilih masing-masing satu. Karena untuk mempermudah pencarian jati diri dan relasi yang kuat baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Manfaatnya kita berorganisasi di dalam kampus adalah belajar disiplin dengan tanggunjawab rekan-rekan satu organisasi. Disiplin dalam artian bertanggungjawab terhadap kewajiban dan amanah yang disodorkan kepada kita sebagai anggota maupun pengurus. Sehingga jadi diri yang bertanggungjawab akan terbentuk dimulai dari kita sebagai mahasiswa. Dan itu akan berimbas saat kita mulai nyemplung di dunia kerja kelak. 

Selain itu organisasi akan membekali kita skill khusus yang bermanfaat juga ketika di dunia kerja. Contohnya aku yang pernah menggeluti organisasi pers mahasiswa,mau tak mau aku harus bisa dan mampu menjadi seorang wartawan walaupun amatiran. Hehe. Ya walaupun opini singkatku pernah lah diterbitkan Harian sekelas Kompas. (Bukan sombong).

Jadi ketika kita nanti tamat dari kampus, setidaknya ada minimal dua kemampuan (skill) yang kita peroleh. Yang pasti kemampuan di bidang jurusan kuliah, dan satu lagi terserah tinggal pilih. Yang pasti suatu saat akan bermanfaat di kehidupan kerja (nyata) nantinya. Karena gak selamanya fresh graduate itu gampang cari kerja. Jika tak punya kemampuan khsusus di era digital saat sekarang ini, gawatlah kelen guys ditekan pekerja asing (efek MEA)

Di masa kuliah, usahakan menjalin hubungan baik dengan pihak birokrasi baik di rektorat maupun dekanat. Karena kita sebagai alumni nantinya mau tak mau akan berurusan dengan mereka. Baik tentang akademik, maupun kesempatan karir bekerja. Karena jika ada lowongan kerja, biasanya prioritas utama adalah alumninya. Dan bagaimana kita bisa diprioritaskan jika kita tak menjalin hubungan baik dengan pihak terkait. (itu dia guys).

Kemudian organisasi luar kampus akan mempertemukanmu dengan orang-orang penting seperti pejabat dan pengusaha. Bukan tak mungkin dengan komunikasi yang baik dan kinerja ataupun kepribadian yang positif menjadi pertimbangan buat mereka merekrut  kita menjadi bagian timnya baik di instansinya maupun bisnisnya kemudian. Rezeki siapa yang tahu guys. 

Di masa kuliah adalah kesempatan terbesar untuk mengumpulkan segudang prestasi. Karena peluang dan prestisius mahasiswa dalam berkompetisi cukup baik. Apalagi prestasi yang diperoleh dalam skala internasional. Tentu ini sangat membanggakan, tak hanya kampus namun negara Indonesia tercinta juga bakal bangga. Kesempatan untuk berkompetisi di tingkat mahasiswa sangatlah terbuka, tinggal bagaimana kita berusaha mencapainya. Kuncinya ada pada kemauan dan usaha kalian guys.

Di masa kuliah banyak kesempatan mengikuti pelatihan dan kegiatan yang bisa memperkaya kemampuan diri. Pilih jenis pelatihan yang sesuai dengan karakter dan minat dirimu. Kemudian ikutilah dan tekuni. Contohnya, jika kamu suka dan minat di bidang wirausaha, ikuti dan trainingnya dan peroleh sertifikasi untuk portofolionya. Karena di dunia kerja portofolia sangatlah berguna menandakan kalian kaya pengalaman dan telah diakui pantas mengisi posisi pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi dirimu.

Cukup sekian tips-tips untuk para Bembengers dan mahasiswa yang bakal terjun di dunia kerja. Tunggu tips lanjutannya ya. Ambil dan laksanakan jika ada manfaatnya. Cukup disimpan di hati saja jika tak memberi manfaat. Namun, jangan simpan di hati penulisnya. Ntar gak bisa beri tips lagi loh.. hehehe. Karena sibuk menulis puisi cinta buat kamu. Iya kamu..

Jika mau sharing-sharing tentang dunia kepenulisan bisa kontak di Hotline  (WA) 082165908960 dan Pin BBM 53656245


Beberapa Hal Yang Mesti Kau Persiapkan Sebelum Tamat Kuliah Beberapa Hal Yang Mesti Kau Persiapkan Sebelum Tamat Kuliah Reviewed by Bambang Edi Susilo on Friday, November 18, 2016 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads