Hidup Sehat ala-ala Perantau Kesepian


Kalau boleh dianalisis, kebanyakan perantau lebih mandiri hidupnya. Kalau gak percaya coba lihat si doi yang nulis ulasan ini. Dengan kemandiriannya, ia mampu bertahan di tengah ujian dan cobaan yang melanda di Ibukota Jakarta. Buktinya, dia tetap eksis hingga hari ini. Eits tunggu dulu, ia hanya tak menampakkan kesulitannya. Karena kebahagianlah yang selalu ia pancarkan. Sedddap. Oke lanjut ke materi.
google
 
Bagi para perantau, makan adalah satu hal yang polemik setiap harinya. Biasanya perantau yang indekos akan memanfaatkan uang bulanan sebagian besar untuk makan selain tempat tinggal dan transportasi. Oleh karenanya, makan sudah menjadi agenda rutin yang menyedot uang saku perharinya. Bukan perminggu kayak main arisan, atau perbulan udah kayak cicilan sepeda motor, apalagi pertahun.




Kebanyakan anak kos makan dua kali perhari. Padahal menurut pakar kesehatan, idealnya itu 3 kali. Tak mesti makan nasi ketiga kalinya. Boleh saja sarapan hanya roti. Kemudian siangnya bisa dibante Nasi Padang atau lainnya. Dan malam bebas, boleh soto ayam, soto kambing, soto daging dan sontoloyo juga boleh. 

google
Kemudian jangan lupa ya sarapan mesti sebelum jam 9 pagi. Kenapa? Lagi karena pakar kesehatan menyarankan seperti itu. Kalau kalian gak pecaya yaudah gpp. Pokoknya aku setuju aja saran mereka. Karena kalau dipikir pikir dan dirasakan ada benernya juga. Contohnya kita makan malam jam 7 lah paling lambat, trus besoknya kalau makan jam 10 pagi berarti ada sekitar 15 jam dong selisih waktu antara makan malam dan sarapan di esok harinya. 

Hah, itu dia, sedangkan pencernaan kita akan memeroses makanan kira kira 8-12 jam sekali. Kalau kelebihan waktu dan tidak ada makanan yang diproses, bisa dibayangkan bagian tubuh mana yang akan dikorbankan untuk diproses. Ngeri ya kan? Kayak film Final Destination yang ke 6. Itulah sakit maag atau asam lambung. Oiya, sakit lambung bisa buat mati lho.

Selanjutnya, jangan lupa juga konsumsi buah-buahan kaya vitamin yaa. Karena jomblo itu butuh banyak vitamin untuk tetap melihat dengan jelas masa depan. Dan jombo juga butuh buah buahan yang segar agar menghapus kegersangan di hati. Uluh uluh. Pokoknya minimal 1 hari makan satu buah ya. Boleh makan pisang, mangga, kuini, jeruk, nangka, cempedak, durian, lintah, buaya darat dan lain lain. Kalau mau irit plus dapat berbagai macam sekaligus, bolehlah makan sop buah, itu lumayan komplit juga kok. All-in-one
Agar menghapus kegersangan di hati

Oiya, yang tak kalah penting itu istirahat yang cukup ya. Karena hati yang sepi jangan dibiarkan menyendiri. ntar bisa nelen cairan bekas cuci piring kan gawat. Iya maksudnya istirahat idealnya 8 jam lah. Jika kamu gak bisa menikmati tidur siang, maksimalkan tidur di malam hari. 

Jangan terlalu larut tidur, jangan paksakan kondisi fisik yang memang sudah lemah karena kekurangan darah, apalagi tak mendengar kabar darimu selama seminggu. Istirahat harus dimaksimalin. Agar besok bisa kembali fit menahan rindu yang menggebu-gebu karena tadi malam masih memimpikan masa lalu, mengingat memori indah yang telah lalu. Ah, sudahlah. Intinya istirahat itu penting. Janga porsir dengan pekerjaan yang menumpuk. Karena kesehatanmu lebih penting dari apapun. 

 Agar besok bisa kembali fit menahan rindu yang menggebu-gebu karena tadi malam masih memimpikan masa lalu, mengingat memori indah yang telah lalu
google

Terakhir, tentu kita tak boleh mengabaikan olahraga. Sebergizi apapun makanan yang kita lahap, secukup 8 jam pun istirahat yang sudah kita terapkan. Semua akan sirna jika kita tidak melakukan olahraga teratur. Kamu gak mau aku obesitas kan? Oke, mulai minggu besok temenin aku tiap pagi jogging di Monas ya? Glek. Aku baru sadar kalau baru nelen ences sesendok teh. Ternyata aku mimpi dan masih berharap dia menemani.


Hidup Sehat ala-ala Perantau Kesepian Hidup Sehat ala-ala Perantau Kesepian Reviewed by Bambang Edi Susilo on Tuesday, January 23, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads