Header AD

header ads

Blogger Jakarta, Komunitas Kepenulisan Yang Peduli Anak Yatim

Sebagai sebuah komunitas, tentu memiliki tujuan sesuai dengan niche –nya masing-masing. Misalnya komunitas musik, maka concern-nya adalah di bidang permusikan. Namun berbeda dengan komunitas Blogger Jakarta. Mau tahu apa bedanya? Atau mau tau apa sih spesialnya Blogger Jakarta ini?

IG: Bloggerjakarta
Dari namanya kita akan langsung terlintas bahwa ini komunitas yang berisi orang orang ngeblog. Namun tidak kawan. Iya. Maksudnya selain ngeblog, komunitas ini juga memiliki kegiatan yang sangat positif dan berbeda. Yaitu, salah satunya kegiatan santunan anak yatim

Ini nih Acara Kece-nya
Ketua Blogger Jakarta sedang talkshow dadakan
Sumber: Bloggerjakarta
Nah, momen Ramadan kali ini Blogger Jakarta melaksanakan safari santunan ke salah satu sekolah di daerah Duren Sawit, SDIT Ibnu Sina. Acara ini terlaksana dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Blogger Jakarta yang ke-2. Sehingga untuk mensyukuri atas keberkahan yang telah dilakukan Blogger jakarta selama 2 tahun terakhir maka diadakanlah acara santunan tersebut. Temanya adalah #2thmerajutkebersamaan.

seluru peserta berpose bersama
Sumber: Bloggerjakarta 
Sasaran santuanan ini adalah anak yatim. Selain momen buka bersama dan membagikan paket santunan kepada anak-anak yang kurang beruntung nasibnya, panitia juga menyiapkan rangkaian yang super bermanfaat dan tentunya menarik. Apalagi dilaksanakan di bulan suci Ramadan.
Saat berbuka puasa
Sumber: Bloggerjakarta 

Acara dimulai selepas Ashar dengan pembukaan acara beserta kata sambutan panitia, perwakilan dari Blogger dan Lazisna. Kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani yang disampaikan Ustadz Muhammad Khalid yang berasal dari As Syafi’iyah Jatiwaringin. Ustad tersebut mengajak kepada anak anak yang hadir untuk rajin sekolah dan taat kepada orangtuanya.

foto bareng di akhir acara
Sumber: Bloggerjakarta 
Sebelum azan maghrib berkumandang, panitia mengajak peserta yang hadir untuk berbaur.  Caranya dengan mengajak bermain games komunikata. Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok, antara panitia, undaangan dan ank yatim menikmati games dengan gelak tawa dan senyuman di bibir masing-masing. Tampak keceriaan terpancar dari wajah anak anak yang bisa berkumpul dengan orang orang baru. Ramah dan peduli lagi.

keceriaan panitia dan anggota blogger Jakarta
Sumber: Bloggerjakarta 
Semoga dengan adanya silaturahmi dan suasana kebersamaan dengan anak anak yatim dapat menambah kepedulian kita bersama. Bahwa sebenarnya banyak di sekeliling kita yang membutuhkan uluran tangan. Tak hanya materi, namun penyemangat dan motivasi sangatlah diperlukan oleh anak-anak yatim tersebut.

Sekilas Blogjak
Sekitar setengah tahun lalu, aku iseng cari cari komunitas blogger di Jakarta. Tak perlu waktu lama, aku langsung kepoin IG blogger_jakarta. Kebetulan pada saat itu sedang berlangsung pemilihan ketua baru. Aku makin penasaran. 

Selang beberapa minggu, aku coba buka website-nya. Tara, disana ada link registrasi yang kemudian dengan semangat aku mengisinya. Tak perlu beberapa hari lamanya, keesokan hari aku langsung dihubungi via email. Setelah menyelesaikan persyaratan dan memebaca pedoman komunitas, diinvite ke grup Whatsapp. Grup tersebut adalah wadah kekeluargaan sesama blogger dan tentunya tempat sharing ilmu dan tanyak jawab seputar dunia blog dari yang newbie hingga pro.

Selain setiap anggota berkewajiban menulis satu artikel perbulannya untuk website bloggerjakarta.com,ada agenda yang paling aku tunggu tunggu. Yaitu sharing session. Iyah, setiap bulan Blogjak ngadain sharing session dengan tema seputar Tips menulis, Membangun website, Pemanfaatan infografis di blog, Optimasi SEO, Tips Ngeblog produktif dan lagi.

Sejak terdaftar akhir Desember 2017, aku belum pernah absen dalam setiap agenda sharing session rutin bulanan yang diadakan Blogjak. Aku begitu antusias mengikuti tiap kegiatan yang memang bertujuan untuk mengembangkan dunia literasi. Dan itu salah satu concern-ku semasa kuliah.

Iya, sebagai alumni pers mahasiswa di kampus dahulu, masa berjuang sebagai kuli tinta di kampus tidaklah gampang. Selain mengatur jam kuliah, mahasiswa yang berorganisasi harus siap tempur ketika agenda organisasi meminta kewajiban kepada anggota. Termasuk deadline pembuatan majalah, deadline musyawarah kegiatan, deadline musyarawah mingguan, kunjungan dan program literasi ke sekolah maupun mitra organisasi dan masih banyak lagi.

Dan sebagai orang yang pernah berkecimpung di dunia jurnalis profesional media cetak. Aku juga dihadapkan pada situasi dimana menulis merupakan senjata paling ampuh mengentaskan minimnya minat baca masyarakat. Telebih mengedukasi dan penyampai informasi benar tanpa menambah dan mengurangi fakta yang terjadi di lapangan.

Sehingga dengan backgroundku yang memang pernah menjadi aktivis mahasiswa di bidang literasi, kemudian juga pernah  menjadi jurnalis media cetak, dapat sama sama bersinergi di Blogjak mengembangkan dunia blog agar bermanfaat di dunia sekitar. 

Dan tak lupa harapan untuk Blogjak sendiri agar menjadi komunitas yang ikut andil dalam pembuatan dan penyebaran konten positif. Sehingga menjadi media penyampai informasi yang benar dan menjadi media yang terhindar dari penyebaran hoax.

Agar menjadi komunitas yang ikut andil dalam pembuatan dan penyebaran konten positif

Kemudian, semoga sesama anggota tetap solid mengadakan kegiatan – kegiatan positif seperti pelatihan dan pendidikan dalam rangka menumbuhkan kesadaran menulis sebagai sebuah kewajiban seorang blogger.
Menumbuhkan kesadaran menulis sebagai sebuah kewajiban seorang blogger.
 Event Blogger Jakarta ini disponsori oleh C2Live dan  Lazisna. Turut hadir kawan kawan dari  Blogger Crony dan Blogger Mungil meramaikan kegiatan yang berlangsung hingga jelang Isya tersebut.

Sebelum acara ditutup, Mas Robit mengumumkan pemenang instagram competition lalu mempersilahkan Founder Blogger Jakarta, Mas Halfi dan Ex Ketua Blogger Jakarta, Mas Ichsan memberikan sedikit pesan pesan nya kepada anggota Blogjak.Semoga acara positif ini tetap berlanjut di kemudian hari.
Blogger Jakarta, Komunitas Kepenulisan Yang Peduli Anak Yatim Blogger Jakarta, Komunitas  Kepenulisan Yang Peduli Anak Yatim Reviewed by Bambang Edi Susilo on Monday, June 04, 2018 Rating: 5

5 comments

Masirwin said...

Selamat ulang tahun Blogger Jakarta

Anonymous said...

Sukses terus blogja,barakallah...
Buat penulisnya juga... Nice ��

hanyzuyyina said...

Mantap! Sukses terus Blogger Jakarta, aamiin

siti rogayah said...

Mantap ahh blogger Jakarta. Semoga blogger Medan bisa lebih baik lagi. Semangat ngeblog bg beng. Jiwa Persma nya tetap terus ada meskipun sudah jadi alumni ya bg.

Ika Rahmadani Lubis said...

Sukses terus Blogger Jakarta

Post AD

home ads