7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Pakpak Bharat, Nomor 6 Bikin Kamu Menggigil!!!

Netizen yang tidak berdomisili di Sumatera Utara mungkin akan asing mendengar kata Pakpak Bharat. Bahkan mungkin yang berdomisili di Sumut ada yang asing. Yah kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Dairi ini emang masih terdengar baru bagi sebagian orang. Sebenarnya emang baru sih. Dan kurangnya ekspos dari beberapa media semakin menambah ketidakterkenalnya kabupaten ini dibanding kabupaten lain yang ada di Sumut.

Meskipun keberadaan kabupaten ini kurang mendapat sorotan, namun ada banyak hal menarik yang patut sobat sekalian ketahui. Kabupaten yang terletak di lereng bukit barisan ini terkenal dengan suasana alamnya yang sejuk. Kabupaten ini juga menyimpan kekayaan budaya yang terkenal khas di Tanah Pakpak.

Berikut akan dipaparkan 8 ulasan tentang Kabupaten Pakpak Bharat yang harus sobat ketahui. Cus..

Terbentuk Sejak 2003
Kabupaten pakpak Bharat lahir setelah Undang Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Nias Selatan, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan di Provinsi Sumatera Utara. Dengan ibukota kabupaten di Kota Salak. Dan dipimpin Drs. Tigor Solin sebagai pelaksana Bupati perdana.

Motto Kabupaten
Bage Atemo Rejeki Bage Tennah Mo Sodip adalah motto kabupaten yang mash terbilang muda ini. artinya adalah keselarasan antara hati, jiwa, pikiran dengan perbuatan. 

Penduduk Muslim Minoritas
Penduduk Pakpak Bharat mayoritas beragama Kristen Protestan, persentase sekitar 56% pada tahun 2016 lalu. Islam sebanyak 39%  dan sisanya beragama Kristen Protestan dan lain lain.

Hanya Memiliki 8 Kecamatan
Wilayah pemerintahan Kabupaten Pakpak Bharat hanya ada 8 kecamatan dengan 52 desa. Kecamatannya antara lain Salak, Sitellu Tali Urang Jehe, Pagindar, Kerajaan, Pergetteng-Getteng Sengkut, Siempat Rube, Sitellu Tali Urang Julu dan Tinada.

Tanaman Gambir Komoditas Utama
Di sektor perkebunan, gambir masih menjadi andalan karena ada sekitar 1.560 Hektar luas lahannya.  Ada 1.559 ton yang bisa diproduksi dengan luas lahan tersebut di atas. Makanya, pakpak Bharat adalah sebagai penghasl gambir terbesar melalui Program Sejuta gambirnya.

Bersuhu Dingin
Yah, tak perlu ragu lagi jika kamu ingin tinggal di daerah yang sejuk dan relatif dingin, maka Pakpak Bharat adalah daerah yang cukup tepat. Suhu di Pakpak Bharat berkisar rata-rata 24°C kalau siang dan 16°-19° di malam hari.

Dengan suhu seperti itu, dijamin kamu akan mengigil kalau mandi kelewat sore. Apalagi berwudhu saat mau melaksanakan shalat subuh. Siap sipa tidur pakai selimut tebal ya. Suhu dingin dikarenakan daerahnya yang berada di lereng bukit barisan. Ditambah mash banyak hutan juga kali ya. Hehehe

Objek Wisata Mayoritas Alam
Lae Une adalah objek wisata air terjun yang ada di Kecamatan PGGS. Kemudian ada juga Air Terjun Lae Mbilulu yang menawarkan keindahan alamnya, selain itu airnya juga kembar ada dua. Selanjutnya wisata alam lainnya iatu pemandangan Puncak Sideka yang berada di areal Kantor Pemerintahan Kabupaten Pakpak Bharat. D puncak ini kita dapat melihat kondisi kota Salak dari atas bukit. Ada tulisanya juga untuk berselfie ria.
dok. pribadi

Itulah ke 7 hal yang harus kamu ketahui tentang Kabupaten yang baru berumur 16 tahun ini. mudah-mudahan kamu-kamu bisa singgah di daerah ini untk sekedar melepas kepenatan bersamaku. Eaak, kunjungi IG bamzsusilo untuk lihat keseruanku di beberapa lokasi wisata di Pakpak Bharat ya.

7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Pakpak Bharat, Nomor 6 Bikin Kamu Menggigil!!! 7 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Pakpak Bharat, Nomor 6 Bikin Kamu Menggigil!!! Reviewed by Bembengers on Selasa, September 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads