Kriteria Surat Lamaran Kerja yang Ampuh Tembus HRD

Mendapatkan pekerjaan impian pasti menjadi keinginan banyak orang. Untuk mendapatkan pekerjaan, Anda harus terlebih dahulu mengirimkan surat lamaran kerja ke pihak perusahaan.


Banyaknya jumlah pelamar kerja membuat tingkat persaingan mendapatkan pekerjaan sangatlah ketat.


Jangan khawatir! Sebagai pelamar kerja, Anda pun harus lebih sigap untuk menuliskan surat lamaran kerja yang baik sehingga dapat menembus seleksi HRD

CV bamzsusilo


Nah, artikel ini akan membahas kriteria surat lamaran kerja yang mampu membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian.


Tulis dengan Sopan


Surat lamaran kerja yang akan Anda kirimkan akan dibaca oleh pihak perusahaan dan HRD. pastikan Anda menulisnya dengan sopan. Tidak perlu panjang lebar, tetapi tetap enak dibaca dan tidak bertele-tele.


Jangan sampai Anda menuliskan penjelasan yang panjang lebar tetapi HRD tidak mampu mengerti isi surat Anda.


Baca juga: Contoh Lamaran Kerja dan CV Bagi Fresh Graduate


Jelaskan Kelebihan Anda


Setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan. Tidak perlu minder dengan kekurangan diri Anda. Jadilah percaya diri dan tuliskan kelebihan Anda yang sekiranya dapat membantu perusahaan untuk berkembang.


Dengan begitu, pihak perusahaan akan mempertimbangkan untuk mengundang Anda ke tahapan wawancara selanjutnya.


Gunakan Bahasa yang Impresif dan Persuasif


Anda tidak mungkin menarik HRD jika menggunakan tata bahasa yang datar dalam menulis surat lamaran. Jadi, pastikan diksi penulisan dalam surat lamaran kerja yang Anda tulis bersifat impresif dan persuasif.


Sehingga pihak HRD tertarik untuk menggali diri Anda lebih jauh dan mencari tahu apakah Anda yang dicari perusahaan atau bukan.


HRD modern kini sudah menggunakan teknologi dalam pengelolaan karyawannya. Software HRD dari LinovHR adalah salah satu alat yang digunakan HRD dalam proses rekrutmen. Seperti apa lengkapnya? Klik tautan berikut!



Uraikan Prestasi dan Pengalaman


Bila Anda memiliki prestasi dan pengalaman, jangan sungkan untuk menjabarkannya dalam surat lamaran kerja Anda!


Jelaskan dengan singkat dan padat mengenai apa saja prestasi dan pengalaman kerja yang pernah Anda alami, tugas yang Anda emban, dan bagaimana cara Anda menyelesaikan masalah dalam pengalaman tersebut.


Jika Anda adalah fresh graduate yang belum pernah bekerja sebelumnya, Anda bisa menguraikan pengalaman ketika mengikuti organisasi atau event kemahasiswaan di kampus. Hal ini bisa menjadi pertimbangan yang kuat bagi HRD untuk menerima Anda.


Jangan Berbohong!


Jangan coba-coba untuk memanipulasi atau berbohong soal informasi dalam surat lamaran kerja! HRD akan melakukan background cross check untuk memastikan apakah informasi dan data yang Anda tuliskan adalah valid atau bukan.


Jika Anda terbukti berbohong, bisa-bisa Anda justru di-blacklist oleh HRD loh!


Itulah kriteria surat lamaran kerja yang ampuh dan bisa Anda terapkan ketika melamar kerja. Harap diingat bahwa melamar kerja bukan proses yang instan. Jadi, jangan kaget ketika lamaran kerja Anda akan sering melalui penolakan.


Hal itu adalah hal yang biasa, teruslah mencoba dan tingkatkan kualitas diri Anda!


Gunakan Software HRD dari LinovHR untuk memudahkan pekerjaan HRD. Hubungi kami sekarang.


Kriteria Surat Lamaran Kerja yang Ampuh Tembus HRD Kriteria Surat Lamaran Kerja yang Ampuh Tembus HRD Reviewed by Bembengers on Rabu, Februari 17, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang sopan dan bijak..

Post AD

home ads