6 Tips Mengatur Waktu Agar Tetap Produktif

Dewasa ini, segala kebutuhan manusia sudah sangat dimudahkan dengan kemajuan teknologi. Mau makan tapi mager masaknya, bisa pesan via ojol. Mau jalan jalan pakai transportasi udara tinggal pesan di layanan jasa tiket pesawat tanpa harus ke indomaret atau toko offline penyedia jasa penjualan tiket pesawat dan mash sangat banyak segala kemudahan lainnya. Tentu ini akan memberi banyak waktu buat kita untuk melakukan aktivitas lain di waktu yang bersamaan.Harusnya bisa dibilang lebih efektif dan efisien.

Dok: Pribadi


Dengan begitu, 24 jam waktu perhari yang kita miliki harusnya bisa benar-benar kita manfaatkan dengan baik. 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk istirahat dan 8 jam untuk beribadah, keluarga, teman, dan kehidupan sosial kita. Hanya saja terkadang kita terlena dengan fasilitas yang serba mudah seperti sekarang. Memaksa kita untuk betah dengan rebahan dan rebahan. Apalagi di hari libur. Walaupun seharusnya bisa digunakan untuk me-time dengan traveling atau memancing di danau yang ikannya sudah tersedia banyak.

Baca juga: Udah PNS kok masih getol jualan Bang

Kadang, kita sulit mengatur waktu yang tersedia sesuai porsi masing-masing. Sehingga ada porsi yang terlupakan dan pada akhirnya mengurangi keproduktifan di hari tersebut. Di bawah ini Sobat Bembengers akan diberi tips agar mengatur waktu perharinya lebih produktif dari biasanya. Yuk sima ulasan berikut ini.

1.         Bangun Pagi

Hal sepele yang harus sobat biasakan adalah bangun pagi. Karena ketika kita bangun pagi, pikiran positif akan membangkitkan semangat untuk beraktivitas. Ketika pikiran sudah positif, mudah-mudahan aktivitas positiflah yang akan lahir. Sehingga semangat untuk maju akan semakin mudah tercapai.

2.         Jangan Tunda

Orang bijak pernah berkata bahwa menunda pekerjaan sama dengan menunda kesuksesan. Jadi, simpulannya semakin sering kita menunda pekerjaan kita, semakin terbuka lebar pula pintu kegagalan yang akan sobat masuki. Jadi, mulai sekarang yuk jangan menunda-nunda pekerjaan. Setuju kan sob?

Beberapa peneliti mendefinisikan penundaan sebagai "bentuk kegagalan pengaturan diri yang ditandai dengan penundaan tugas yang tidak rasional meskipun berpotensi menimbulkan konsekuensi negatif. Sehingga jka menunda-nunda pekerjaan menjadi kebiasaan dalam diri seseorang, dapat berdampak  pada akibat buruk kemudian.

3.         Prioritas Hal Penting

Kadang yang membuat kita kurang produktif adalah melakukan hal-hal yang kurang penting dan kurang bermanfaat bagi kemajuan diri kita. Misalnya terlalu berlebihan main game sehingga mengabaikan tanggungjawab kita sebagai pekerja atau sebagai mahasiswa. Selain itu, berlebihan bermain tiktok, bermalas-malasan di dalam kamar menjadi beberapa tindakan yang kerap mengabaikan hal-hal penting yang telah direncanakan.

Kegiatan yang tak memiliki manfaat dan Jadi, kuncinya adalah memprioritaskan hal penting yang mendukung cita-cita sobat sekalian. Itu poinnya. Misalnya kita sedang membangun sebuah usaha, maksimalkan dan focus pada satu usaha tersebut hingga tumbuh dan berkembang. Jangan lupa pula usaha yang dirintis dengan fokus dan serius tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi jika memanfaatkan aplikasi penunjang akuntansi gratis yaitu Kledo untuk catatan keuangan kita. Tentu pemasukan dan pengeluaran akan tercatat dengan rapi.

4.         Jangan Mengeluh

Saat kita mulai jenuh dengan tugas kuliah misalnya, dan merasa tugas tersebut tidak akan selesai pada waktu yang telah ditentukan, pada saat itulah pikiran menyerah akan muncul. Padahal jika ditelisik, tugas yang terbengkalai karena kesalahan sendiri. Kita sering menunda-nunda pekerjaan. Bukankah begitu? Makanya mulai sekarang kurangi mengeluhnya, yakinlah kalau kita bersungguh-sungguh, pintu kesuksesan segara sobat temukan.

Mengeluh hanya akan menghambat kita untuk fokus pada tujuan yang akan kita capai. Mengeluh menjadikan kita menunda pekerjaan dan merasa beban hidup yang dipikul terasa berat. Padahal itu hanya pikiran negative yang mengganggu. Sehingga dengan mengeluh, hanya akan menjauhkan kita dengan cita-cita yang hendak kita capai.

Baca juga: Langkah Berani Menggapi Mimpi

5.         Partner Yang Berpikir Maju

Setuju gak sih kalau kita mengerjakan pekerjaan bersama-sama bisa lebih mudah dan lebih ringan. Sebenarnya itu hanyalah sugesti, meskipun dia gak membantu sama sekali, tapi semangatnya, aktivitas hariannya, bisa ikut mendorong kita untuk maju. Oleh karena itu, perbanyaklah partner atau teman-teman yang berpikir untuk maju. 

Apalagi menjalankan sebuah usaha, kerjasama yang baik dengan mitra bisnis sangat berdampak positif terhadap usaha yang sedang dirintis. Dengan pengelolaan bisnis dan manajerial keuangan yang transparan dengan bantuan Kledo, usaha kamu akan melejit pesat kemudian.

6.         Jangan Buang Waktu

Saat menuntaskan satu pekerjaan, jangan memberi banyak jeda istirahat untuk pekerjaan selanjutnya. Karena ketika kita kehilangan ritme pada pekerjaan pertama tentu proses dan hasilnya tak semaksimal itu. Karena determinasi kita akan melemah saat sudah berjarak selang waktunya dengan pekerjaan pertama. Makanya, jangan buang-buang waktu yaa sob.

Itulah 6 tips yang bisa Sobat bembengers ikuti agar setiap harinya bisa lebih produktif lagi, sehingga mimpi dan cita akan semakin dekat untuk digapai. Semangat.

 


6 Tips Mengatur Waktu Agar Tetap Produktif 6 Tips Mengatur Waktu Agar Tetap Produktif Reviewed by Bembengers on Jumat, Mei 21, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang sopan dan bijak..

Post AD

home ads