Menabung Pahala Di Bulan Muharram

Oleh Bambang Edi Susilo
Bulan Muharram merupakan salah satu bulan dalam kalender hijriah. Dalam Islam, bulan Muharram adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT setelah bulan Ramadhan. Karena di dalam bulan Muharram sangat banyak sekali keutamaan-keutamaan yang dapat diperoleh umat muslim jika mengamalkannya.
Dalam surah At-taubah ayat 36 yang artinya,
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan  dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi diantaranya empat bulan haram itulah (ketetapan) agama yang lurus .”(QS. At-Taubah: 36)
Yang dimaksud empat bulan haram adalah bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Karena pada zaman dahulu masyarakat Arab dilarang berperang karena disucikannya keempat bulan ini. Oleh sebab itu, bulan-bulan ini juga disebut dengan Syahrullah Asham yang artinya bulan Allah yang sunyi.
Adapun beberapa keutamaan yang dapat diamalkan oleh umat muslim di bulan Muharram antara lain, yaitu:
1.      Memuliakan apa yang dimuliakan oleh Allah SWT, insya Allah seseorang tersebut akan dimuliakan oleh Allah SWT. Karena Allah memuliakan bulan Muharram, sehingga kita diwajibkan untuk memuliakan bulan Muharam. Karena barangsiapa yang memuliakan sesuatu karena Allah memuliakan sesuatu tersebut, maka Allah memberi ganjaran Surga Darussalam kepadanya,.
2.      Bulan Muharram adalah bulan yang tepat untuk kita dalam memperbanyak taubat kepada Allah. Karena pintu taubat terbuka lebar di bulan ini bagi siapa saja yang benar-benar ingin taubat. Perbanyak minta ampun kepada-Nya dengan benar-benar tulus dan ikhlas mengharap ampunan dari-Nya. Karena tidak ada yang dapat menolong kita nantinya di akhirat kelak kecuali pertolongan dari Allah SWT.
3.      Berpuasa Asyura pada tanggal 10 Muharram. Bahwasanya Rasulullah menjelaskan kepada para sahabat lewat sabdanya,
“Adapun keutamaan shaum tersebut sebagaimana diriwayatkan dari hadits Abu Qatadah  bahwasanya shaum tersebut bisa menghapus dosa-dosa kita selama setahun  yang telah lalu (HR Muslim).
Adapun keutamaan lain berpuasa Asyura adalah Allah akan memberi 10.000 pahala seperti pahala malaikat dan Allah akan beri 10.000 pahala seperti pahala orang yang berhaji dan umrah.
Namun, Rasulullah juga memerintahkan untuk puasa sunnah satu hari lagi pada 9 Muharram untuk membedakan diri dengan orang Yahudi yang hanya melaksanakan puasa pada 10 Muharram saja.
4.      Mengasihi anak yatim, di bulan Muharram kita dianjurkan untuk lebih peka lagi terhadap lingkungan sekitar kita. Dengan cara menyayangi dan mengasihi anak yatim. Berilah mereka sesuatu hal yang dibutuhkan mereka  seperti, makanan, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Karena bagi siapa yang menyapu kepala anak yatim atau menyantuninya Allah akan mengangkat derajat di sisi-Nya.
Dari beberapa keutamaan di atas hendaklah diupayakan dapat kita laksanakan.  Karena, ibadah yang kita laksanakan dapat menjadi investasi pahala kita di akhirat kelak. Namun, ada beberapa hal yang perlu ditinggalkan pada bulan Muharram  karena akan menjadi bid’ah jika dikerjakan, antara lain:
·         Niat mandi Asyura
·         Niat menggunakan wangi-wangian karena bulan Asyura
·         Niat masak-masakan dengan biji-bijian dengan menghitung jumlah bijinya sebanyak 10 biji. Yang sering dilakukan adalah bubur asyura. Hal ini dilarang dan bid’ah menurut ulama karena tidak dilakukan pada zaman Rasulullah
·         Shalat sunnah Asyura
Amalan di atas merupakan amalan yang berdosa jika kita kerjakan. Oleh karenanya tinggalkanlah amalan tersebut.
*Penulis adalah Mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
*Dari berbagai sumber



Menabung Pahala Di Bulan Muharram Menabung Pahala Di Bulan Muharram Reviewed by Bambang Edi Susilo on Friday, November 15, 2013 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads