Tips Menjadi Sarjana Yang Dibutuhkan Masyarakat

Mahasiswa adalah elemen yang memiliki perhatian lebih di masyarakat. Selain karena statusnya sebagai kawula elit pendidikan, mereka juga mendapat penghargaan sebagai pembawa perubahan lebih ke depannya. Tampaknya jabatan ini memberi beban moral yang cukup tinggi bagi mahasiswa yang notabene sedang menggali karakter berpikir dan bertindak. Apakah selama ini kita sebagai mahasiswa telah melakonkan selayaknya agen perubahan menuju yang lebih baik? Wah, pertanyaan yang sulit untuk dijawab nih sobat kampus sekalian.
Sebenarnya melakoni status mahasiswa yang bertujuan pembawa perubahan lebih baik tidaklah sulit. Hanya saja beberapa dari kita tidak tau untuk memulai darimana. Untuk menjadi mahasiswa super tidak harus mendapatkan IPK 4,0 semata, melainkan banyak faktor yang bisa memuluskan niat seorang mahasiswa untuk menjadi tonggak perubahan buat bangsa Indonesia tercinta.   

Beberapa faktor yang bisa dijadikan tips buat mahasiswa yang bercita-cita menjadi tonggak perubahan bangsa ke depan sesuai dengan kebutuhan di masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut:
1.      Berusaha mendapat nilai akademis di atas rata-rata, ataupun minimal sesuai dengan rata-rata. Karena setelah kita terjun ke instansi ataupun perusahaan yang akan kita tuju untuk mengabdikan diri, nilai akademis adaah patokan pertama yang dilihat oleh pimpinan instansi tersebut. So, usahakan nilai akademis di atas rata-rata ya sob.
2.        Bergabunglah di organisasi kampus. Selain mendapatkan teori-teori di dalam kelas. Kampus menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan sedikit banyaknya teori yang dipelajari dalam bentuk praktik langsung lewat organisasi. Baik itu organisasi intra maupun ekstra, asalkan bertujuan untuk pengembangan karakter diri dan penanaman minat dan bakat, ikutilah salah satunya yang menurut sobat kampus bisa dan cocok. Karena, pengalaman dan ilmu terapan langsung akan kita dapatkan melalui organisasi yang kita geluti. Salah satunya ya paling penting adalah pengalaman terkait kepemimpinan dan skill yang kita asah. Karena dua hal ini sangat dibutuhkan masyarakat jika nantinya kita meenyelesaikan studi di kampus.
3.      Bersahabat dengan siapa saja. Relasi sangatlah penting untuk memulai karir sebagai mahasiswa. Karena secara langsung siapa saja yang pernah kita kenal suatu saat akan membutuhkan kita ataupun kita yang membutuhkan mereka saat telah menjalani profesi masing-masing. Apakah itu untuk kepentingan bisnis maupun kerjasama. Bisa jadi, dan kita takkan pernah tau itu.
4.      Bersikap Sopan dan Terbuka Terhadap Dosen. Tentu hal ini memang selayaknya dilakukan mahasiswa kepada dosennya. Namun, coba berikan secara lebih dibanding rekan-rekan sekelas sobat. Emang apa tujuannya. Yah, pasti tujuannya adalah supaya mendapat kepercayaan dari sang dosen. Dengan dipercayanya kita, semaki memudahkan bagi kita untuk mendapatkan nilai lebih di mata beliau. Dan dia tidak segan untuk memberikan beberapa bantuan ke depannya jika kita minta. Bahkan beliau sendiri yang langsung menawari kamu sob.
5.     Memiliki keahlian khusus. Biasanya perusahaan tertentu membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian di bidang perusahaan tersebut. Apalagi yang telah memiliki pengalaman. Karena, konsep dasar suatu perusahaan adalah tidak mau tau apa yang kamu lakukan, yang terpenting tugas yang diberikan atasan harus selesai. Dan keahlian bisa menjawab itu sob.
6.     Lakonilah sesuai dengan kemampuan. Mungkin ini yang terakhir. Karena jika kita memiliki pengalaman sesuai dengan apa yang kita peroleh di masa menjadi mahasiswa, pergunakanlah dengan sebaik-baiknya. Jangan memaksakan pekerjaan yang memang bukan kemampuanmu. Hal ini yang tidak disukai oleh siapapun. Karea akan berdampak fatal jika terjadi kesalahan. Karena kesalahan ada pada kita yang memang tidak menguasai disiplin yang ada.

Sekedar itu yang harusnya dilakukan mahasiswa-mahasiswi jika ingin menjadi agen perubahan yang dihargai tinggi oleh masyarakat. Karena ilmu dan pengalaman sangatlah penting dalam upaya pembangunan bangsa ke depan. Kita dapat menjadi apapun yang kita mau sesuai dengan kemampuan yang kita miliki, dan lakukanlah yang terbaik.
Tips Menjadi Sarjana Yang Dibutuhkan Masyarakat Tips Menjadi Sarjana Yang Dibutuhkan Masyarakat Reviewed by Bambang Edi Susilo on Tuesday, December 23, 2014 Rating: 5

Post AD

home ads