Mengapa Setelah Menyantap Menu Berbuka, Kita Merasa Kenyang?





google: Es Campur Santan
Pernah gak ngalamin ketika habis menyantap menu buka puasa kita merasa kenyang untuk makan nasi. Aku yakin pernah. Dan aku rasa itu hal wajar terjadi. Mengapa? Alasan pertama karena terlalu banyak makan menu berbuka puasa. Hahaha. Ya iyalah. 

google: Es Cendol
Biasanya sesaat menjelang berbuka puasa, mata akan menelusuri setiap menu berbuka yang tersaji. Tak jarang minuman dingin menemani santapan buka puasa kita. Sebenarnya minuman dingin ini juga memelopori cepat kenyangnya perut kita. Karena pengaruh perut kembung yang dihasilkan dari minuman dingin tadi. Cobalah, kalau tidak percaya. Medis juga menjelaskan perihal itu. Bisa cek sendiri.

Alasan kedua karena waktu yang sempit. Biasanya kita lebih suka makan nasi sepulang dari shalat taraweh di masjid. Alasannya, jika dipaksakan makan, bakalan kekenyangan dan membuat shalat taraweh menjadi kurang konsentrasi. Karena waktu antara shalat magrib yang dipotong waktu berbuka sangat sebentar dengan waktu shalat isya. Cukup realistis sih.

Terlalu banyak minum air juga menambah rasa kenyang yang luar biasa setelah selesai menyantap menu berbuka. Pasalnya, rasa dahaga yang terpelihara selama berjam-jam akan terbebaskan pada saat terbenamnya fajar. Sehingga kita mengenalnya dengan ajang balas dendam (minum air sebanyak-banyaknya). Padahal tak memengaruhi minum banyak dan sedikit, sama sama bisa menghilangkan haus juga. 

google: Es Buah
Yang terakhir karena sugesti rasa kenyang yang kerap menyelimuti tubuh di saat selesai menyantap menu berbuka puasa. Biasanya perasaan kenyang menjadi faktor pendukung seseorang tidak menyentuh nasi sebagai hidangan utama selepas melaksanakan ibadah magrib. Apalagi sugesti ini memaksa tubuh mengemulsi rasa lapar yang terjaga dari siang hari menjadi kenyang berkat bantuan hidangan berbuka puasa.

So, jika mau tidak merasa kenyang selepas solat magrib, jangan balas dendam minum air, apalagi yang dingin. Kemudian cukup satu buah kue atau roti sebagai hidangan berbuka yang wajib disantap.  Kalau udah begitu, makan nasi kita akan terjadwal dengan rutin sebelum melaksanakan ibadah teraweh.

Semoga bermanfaat guys.

Mengapa Setelah Menyantap Menu Berbuka, Kita Merasa Kenyang? Mengapa Setelah Menyantap Menu Berbuka, Kita Merasa Kenyang? Reviewed by Bambang Edi Susilo on Monday, June 20, 2016 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads