Berbagi Gak Buat Miskin Kok, Malah Datangkan Berkah dan Rezeki. Yuk Donasi Bersama Dompet Dhuafa

"Bencana terdahsyat adalah  ketidakpedulian terhadap sesama". Kalimat itu adalah judul artikel yang pernah saya publish di blog pribadi saya pada 12 januari 2019 silam. Tulisan tersebut dikhususkan untuk mengajak para donatur bersama-sama membantu korban bencana tsunami Selat Sunda. 

Foto: Kegiatan di kampus semasa kuliah dahulu
Pada waktu itu, Komunitas Blogger Jakarta yang kebetulan saya salah satu pengurusnya berinisiasi menggalang dana untuk korban yang baru saja tertimpa bencana. Alhamdulillah kegiatan tersebut mendapat respon yang baik dari keluarga besar Blogger Jakarta dan komunitas-komunitas yang ikut berpartisipasi menghimpun dana. 

Dengan tema #MulaiKebaikan, walaupun dana yang terkumpul tidak sebesar media dan komunitas gede  lainnya, setidaknya ada sumbangsih yang diberikan untuk keluarga dan saudara-sudari kita yang tertimpa musibah.
Foto: Blogger Jakarta

Berbagi Untuk Kebahagiaan Sesama dan Ketenangan Hati
Dari kegiatan #MulaiKebaikan tersebut saya banyak belajar makna memberi kepada sesama. Bagaimana orang orang di sekitar kita ternyata banyak membutuhkan uluran kasih dari para donatur, walaupun hanya sedikit. Karena jika setiap orang yang membagikan rezekinya untuk saudara saudara kita yang membutuhkan, jika terkumpul pasti akan banyak jadinya.

Kita akan turut bahagia jika melihat senyuman dari wajah saudara-saudari kita yang menerima pemberian. Dari senyuman tersebut tentu akan memunculkan ketenangan dari hati yang paling dalam. Bahwa apalah arti hidup ini jika dihabiskan untuk membahagiakan diri sendiri, karena kita hidup tidak sendirian. Ada campur tangan orang di sekeliling kita yang membuat menjadi sukses seperti sekarang ini.

Budaya berbagi menjadi kepribadian bangsa Indonesia sudah seharusnya kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Walaupun perbedaan tidak menjadi alasan bagi kita untuk mengulurkan tangan. Dan budaya inilah yang harus kita jaga mulai dari diri sendiri dahulu. Agar tetap lestari hingga nanti.

Berbagi adalah Perintah Agama
Setiap ajaran agama manapun mengajarkan tolong menolong terhadap sesama orang yang membutuhkan. Dalam ajaran Islam, imbauan menolong adalah cara seorang hamba untuk memperkuat ketakwaan kepada Sang Pemberi Rezeki Allah SWT.


Dalam hadits nabi yang diriwayatkan Muttafaq Alaih berbunyi,” Berinfaklah wahai anak adam, niscaya Aku berinfak kepadamu.” Makna hadits ini sangat agung, memberikan ganti yang lebih besar dari apa yang kita berikan untuk orang lain. Perintah bersedekah akan membawa kita menuju keberkahan dan tentunya dilipatgandakan rezeki kita selanjutnya.

Dalam ayat Allah juga diterangkan yang bunyinya,” Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah” (Al-Baqarah 276). Ayat ini mengajak kita untuk mengembangkan sedekah di dunia dan Allah lah yang akan menjaga nilai sedekah kita hingga hari akhirat. 

Karena apa yang kita berikan kepada orang lain dengan jalan halal dan keikhlasan, akan memperoeh pahala dan kebaikan yang berlipat ganda. Ibarat menanam satu benih pohon pisang, jika berbuah dan tumbuh pohon pohon pisang selanjutnya. Begitulah kebaikan yang akan diperoleh, berlipat ganda.

Berbagi Bersama Dompet Dhuafa
Tentu dalam hati kita semua menginginkan dapat membantu sesama. Namun terkadang keterbatasan waktu dan koneksi sehingga tertunda. Atau karena ketidakpahaman bagaimana cara menyalurkan donasi secara aman dan transparan.

Dalam hal ini Dompet Dhuafa membantu kamu untuk berbagi menjadi lebih mudah, bermanfaat, dan bermakna. Karena Dompet Dhuafa memberikan banyak pilihan layanan untuk menyalurkan donasi melalui Kanal donasi online donasi.dompetdhuafa.org, Transfer bank, Counter, Care visit (meninjau langsung lokasi program), Tanya jawab zakat, Edukasi zakat, Laporan donasi.


Saat berbagi, kita tentu ingin menjadi lebih bermanfaat dan memberikan dampak baik bagi penerima manfaat ataupun bagi masyarakat secara luas. Berbagi bersama Dompet Dhuafa, anda akan terlibat dalam mengentas kemiskinan dan upaya membangun bangsa Indonesia untuk lebih maju.

Berbagi juga akan menjadi lebih bahagia, karena anda akan melihat banyak senyum para penerima manfaat yang menjadi lebih mandiri dan berdaya karena bantuan yang telah diberikan. 

Dengan laporan rutin dan update informasi yang transparan, kita akan melihat bahwa apa yang telah dibagikan bukan hanya sekedar menuntaskan kewajiban, tapi memberikan makna tersendiri bagi mereka yang membutuhkan.
Program Dompet Dhuafa

Jadi bagi kita semua tidak ada alasan menahan diri untuk berbagi. Karena berapapun nominal rupiah yang diberikan, akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Karena nurani manusia yang beriman akan merasa ngilu dan sedih ketika saudaranya membutuhkan. Yuk berbagi bersama Dompet Dhuafa.
Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa




Berbagi Gak Buat Miskin Kok, Malah Datangkan Berkah dan Rezeki. Yuk Donasi Bersama Dompet Dhuafa Berbagi Gak Buat Miskin Kok, Malah Datangkan Berkah dan Rezeki. Yuk Donasi Bersama Dompet Dhuafa Reviewed by Bembengers on Selasa, April 16, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads