7 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Pekerja Millenial Untuk Bantu Keuangan Sobat #MoneysmartMenginspirasi

Setiap pekerja kantoran yang merantau akan menginginkan kerja sampingan untuk menopang isi dompet. Karena ia menyadari, kerja kantoran yang dilakoni saat ini tidaklah mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari anak millenial. Misalnya saja untuk kebutuhan tempat tinggal yang cukup mahal di pusat kota. 

Ditambah lagi kebutuhan pangan setiap harinya, transportasi, kuota, nongkrong, hiburan, travelling, cicilan, donasi, investasi. Tentu kita tidak hanya mungkin mengandalkan income dari 1 (satu) pekerjaan saja.

Sehingga kebanyakan dari kita para pekerja, memanfaatkan waktu luang di sore hingga malam dan weekend tentunya untuk mengambil peluang kerja sampingan demi menambal kekurangan pengeluaran yang cukup banyak tersebut. 

Tentu kerja sampingan yang tidak menyita waktu dan tenaga yang cukup gede. Karena alih alih menambah pemasukan, kalau terkena penyakit malah lebih membengkak pengeluaran untuk biaya pengobatan.

Sesuaikan Dengan Hobi
Sebaiknya kerja sampingan yang akan kamu fokuskan adalah sesuai dengan hobi. Karena selain menghindari kebosanan. Kita juga setidaknya sedikit paham tentang kerja sampingan yang akan digeluti. Sehingga tidak menemui kendala yang berarti saat memulainya.

Dan yang paling penting, kerja sampingan yang dipilih haruslah memang dibutuhkan pasar. Agar kita tidak kesulitan dalam membangun dan mengembangkan kerja sampingan itu. Apalagi pekerjaan tersebut cocok untuk anak millenial yang fleksibel dan tidak tergantung oleh waktu.

Menurut Hubspot, dari total penduduk Indonesia, 81 juta penduduk  berusia 17-37 tahun dan bakal berkembang hingga 60% dari total populasi di Indonesia pada 2020. Karena millenial tidak bisa lepas dari perangkat gadget, kebiasaan belanja secara online juga menjadi hal yang lumrah. Dan 65 persen millenial berinteraksi dengan brand atau produk secara online di media sosial.

Ada beberapa kerja sampingan yang bisa millenials manfaatkan di luar jam kerja kantor tentunya, yuk cek sobat moneysmart di bawah ini:

-          Olshop Fashion

Membuka toko online adalah sebuah hal yang akrab ditelinga anak Millenial. Dengan kemudahan akses dan penyedia lapak online, banyak anak millenial yang menyisihkan waktu kosongnya setelah bekerja ka­ntoran untuk berjualan online.

Cukup menjadi reseller atau dropshipper di supplier produk yang dijual, kamu sudah bisa membangun usaha kecil-kecilan di waktu yang pas-pasan. Manfaatkan media sosial sebagai media promosi. Manfaatkan kerabat dan sanak saudara untuk membantu penjualan pertama di awal. Gampang kan?

Di kutip dari salah satu artikel di situs moneysmart.id ada kisah sukses dari Sharon Wong, seorang ibu asal Singapura. Sharon Wong merupakan pendiri dari Motherswork, outlet modern yang menjual perlengkapan ibu dan anak pada tahun 1998. Saat tengah hamil dan bekerja sebagai pegawai kantoran, ia merencanakan untuk membeli peralatan buat calon buah hati.

Tapi, mencari perabotan untuk ibu dan anak di Singapura pada tahun segitu masih sangat langka dan jarang. Beruntung, di kantor tempatnya bekerja ia mendapatkan kiriman dari klien kantornya sebuah peralatan bayi. Supplier yang juga klien itu kemudian memberikan penawaran kepadanya kalau membeli 4 barang, ia bisa jadi reseller.


Sharon jadi ketagihan dan hobi membeli barang-barang untuk ibu dan anak dan akhirnya membuka toko hingga kini usahanya berkembang pesat. Bukan tidak mungkin kamu bakal menjadi Sharon Wong berikutnya kan? Yang penting coba aja dulu.

-         Penulis Freelance

Menjadi penulis freelance saat ini banyak diminati para pekerja kantor. Selain tidak menuntut jam kerja yang mengikat, penulis freelance juga dapat mengerjakan job-jobnya dimanapun berada misalnya cafe, rumah, perpustakaan, hotel bahkan tempat liburan.


 Karya penulis freelance juga dihargai cukup gede saat ini. dengan berkembangnya dunia digital, konten-konten tulisan yang berafiliasi tentang produk atau brand akan tetap hidup dan disukai konsumen. Karena bersahabat dan ramah dengan kaum millenial. 

-          Web Developer

Salah satu pekerjaan yang paling dicari di masa mendatang adalah web developer. Dengan perkembangan dunia digital, perusahaan memiliki website adalah sebuah keharusan. Bagaimana profil dan produk dari perusahaan tersebut tertuang di dalam website. Sehingga memudahkan klien dan vendor untuk kerjasama maupun closing transaksi.

-          Foodblogger

Bagi pecinta kuliner, keberadaan foodblogger sangat membantu. Hasil reviewnya akan menjadi rekomendasi makanan apa yang hendak kita santap saat kulineran. Apalagi, foodblogger akan mereview makanan apa adanya sesuai dengan rasa. Dan bayaran untuk sekali review bisa mencapai 500 ribuan lho. Tergantung jenis resto yang direview. Apalagi kita memiliki pembaca setia di blog


Dan jadwal review juga tergantung si blogger. Kapan waktunya yang bisa dan ini akan sangat membantu. Biasanya malam hari karena waktu yang lowong. Sehingga jam kerja kita sebagai pekerja kantoran sudah pasti tidak terganggu.

-          Desain Grafis

Kita bisa lihat, banyak kelas-kelas berbayar yang membuka jasa pelathan desain grafis. Dan pesertanya selalu banyak. belum lagi keberadaan media sosial yang pertumbuhannya begitu cepat sebagai media promosi.

Sehingga desainer grafis akan sangat istimewa di masa mendatang. Setiap perusahaan pastinya memiliki media sosial yang mengharuskan tim kreatifnya membuat konten-konten untuk sosmed. Dan jangan salah, fee seorang desainer grafis itu menjanjikan lho.

-          Buzzer Event

Tidak dipungkiri, sebuah event menjadi ramai diperbincangkan juga dibantu para buzzer agar menjadi trending topic. Keberadaan buzzer saat ini menjadi sangat penting dan wajib bagi event.


Perusahaan rela menyediakan cost untuk kegiatan yang dilaksanakan agar lebih diketahui orang banyak. Kamu tidak perlu datang ke lokasi saat menjadi buzzer, cukup meramaikan via media sosial sesuai brief dari panitia. Gampang kan?

-          Video dan Writing Editor

Editor adalah pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan. Selain  karena pengerjaannya membutuhkan ketenangan dan kebanyakan saat sedang sendiri, sehigga bisa kamu kerjakan di rumah. Editor juga tidak memerlukan waktu yang ketat dalam pengerjaannya. Yang terpenting hasilnya terlaksana sesuai deadline.

Dari ketujuh kerja sampingan di atas, paling tidak ada satu yang bisa sobat moneysmart coba dan seriusin. Karena kita tidak akan pernah tau apa hasilnya ketika belum mencobanya. Siapa tau malah penghasilannya lebih gede ketimbang kerja di kantor.

Kalau sudah begitu, selain bisa membantu kebutuhan sehari-hari yang begitu banyak dan tak terduga, skill dan kemampuan kamu juga akan tetap terasah.
#MoneySmartMenginspirasi


7 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Pekerja Millenial Untuk Bantu Keuangan Sobat #MoneysmartMenginspirasi 7 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Pekerja Millenial Untuk Bantu Keuangan Sobat #MoneysmartMenginspirasi Reviewed by Bembengers on Senin, April 15, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads