9 Alasan Mengapa Blogmu Harus Menggunakan Domain TLD?


Menjadi Blogger di era digital saat sekarang ini adalah pilihan yang sangat tepat. Dengan berkembangnya dunia kepenulisan dan dunia blogging akan membuka kesempatan dan peluang yang sangat besar bagi start-up dan freelance writer untuk bertahan hidup. 


Mengapa demikian, karena brand-brand dan institusi pemerintahan membutuhkan jasa blogger untuk memublikasikan produk dan kegiatan yang mereka laksanakan. Simpel kan?

Oleh sebab itu, menjadi blogger yang diminati brand dan institusi juga tidaklah mudah. Kita kudu mempersiapkan blog yang enak dibaca dan tentu banjir pengunjung. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi blogger idaman para perusahaan, tapi selanjutnya aja ya akan kita bahas. Karena kita akan bahas tentang mengapa blog kamu harus berdomain TLD.

Bagi kita blogger pemula pasti pernah dengar tentang domain TLD. Apa itu domain TLD? TLD sendiri singkatan dari Top Level Domain. TLD berada dibelakang nama domain yang dipisahkan dengan tanda titik(.) atau biasa dibaca “dot”. Contoh domain TLD seperti pada blog ini, yaitu “bamzsusilo.com

bamzsusilo.com
bamzsusilo.com
Ada banyak domain TLD yang ada saat ini. Dari sekian banyak domain, beberapa yang menurut aku populer dan sering digunakan sekaligus penjelasannya sebagai berikut:

.com
Domain .com biasanya digunakan untuk tujuan komersial. Namun banyak juga yang digunakan dalam hal lain. Kelebihan domain .com ini adalah penyebutannya yang sudah diketahui banyak orang.
Biasanya kalau orang awam, domain website itu ya taunya .com. Misal kalau kita menyebutkan blog bamzsusilo, maka orang akan mengira nama domainnya bamzsusilo.com. Padahal bisa susilobamz.com atau lainnya.

Saran aku kalau mau cari domain TLD, prioritaskan beli yang .com. Kalau sudah tidak ada dan ingin tetap menggunakan nama domain yang sama, barulah mulai cari domain TLD lainnya seperti .net.

.net
Domain .net ini singkatan dari network. Biasanya domain ini digunakan untuk website yang berhubungan dengan jaringan, IT atau teknologi .  Domain .net kalau menurutku untuk ketenaran masih dibawah domain .com namun masih diatas yang lainnya.


.org
Domain ini biasanya digunakan untuk kepentingan organisasi. Jarang sekali aku melihat domain ini digunakan untuk blog pribadi. Jika Kamu ingin membuat website organisasi, paling pas menggunakan domain .org.

Selain 3 domain diatas, masih ada lagi domain TLD lainnya, seperti: .info, .biz, .website, .asia, .space, .tv, .name, .me, dan masih banyak lagi dengan berbagai jenis yang unik-unik.  Untuk indonesia sendiri memiliki domain tingkat atas yang sudah banyak dipakai seperti:

.id
Domain tingkat atas yang satu ini belum lama dikeluarkan oleh PANDI. Penggunaan domain ini bebas untuk keperluan apa saja. Berbeda dengan pembelian domain yang diatas tadi, pembelian domain .id harus memberikan data berupa verifikasi KTP. Domain ini cocok jika domain .com dan .net sudah tidak tersedia lagi.

.co.id
Domain ini di khususkan untuk perusahaan yang berbadan hukum. Syarat untum memilikinya juga selain melampirkan KTP, data-data pendirian perusahaan juga diminta. Kalau untuk blog pribadi sudah pasti kita tidak akan menggunakan domain yang ini.

.web.id
Domain ini bisa digunakan untuk pribadi maupun perusahaan. Sayangnya banyak orang awam mengira bahwa domain ini gratis, padahal untuk mendapatkannya harus bayar. Dan sama seperti domain .id lainnya, pendaftaran harus melampirkan KTP.

Baca Juga :  6 Alasan mengapa kamu harus punya blog

Masih banyak lagi domain tingkat atas yang ada di Indonesia, seperti .go.id, .sch.id, or.id, .ac.id, dan .net.id. Pengunaan domain Indonesia ada hanya sedikit yang bisa digunakan untuk pribadi. Kebanyakan domain tingkat atas indonesia dipergunaan untuk organisasi atau lembaga.

Dari berbagai macam domain diatas, bagaimana dengan domain seperti .blogspot.com dan .wordpress.com? Ya jika Kamu mendaftar blog di blogger.com dan wordpress.com yang gratis, maka akan mendapatkan domain seperti “blogmu.blogspot.com” atau “blogmu.wordpress.com. Perlu diketahui baik .blogspot.com maupun ,wordpress.com bukanlah domain tingkat atas atau TLD. Kedua domain tersebut merupakan subdomain dari nama domain blogspot.com atau wordpress.com.

Mengapa harus menggunakan domain TLD?
Jika Kamu berniat untuk serius ngeblog yang tujuan akhirnya bisa mendapatkan uang, mau tidak mau Kamu diharuskan menggunakan domain TLD. Kenapa? Jika Kamu menargetkan mendapatkan uang dari job review, beberapa perusahaan atau agensi tidak menerima blog menggunakan subdomain. Syarat yang paling umum harus menggunakan domain tingkat atas.

Selain itu, biasanya perusahaan atau agensi yang menawari job review mensyaratkan skor DA/PA. Biasanya skor DA/PA yang diminta mulai dari 10 dan terkadang ada yang minta minimal 20.

Skor DA/PA tidak berlaku untuk subdomain. Kenapa? karena skor DA/PA pada subdomain mengacu pada domain induk. Misalnya subdomain .blogspot.com saat ini DA/PA sama rata antara satu blog dengan lainnya. Jadi jangan bangga dengan DA/PA tinggi jika masih menggunakan subdomain.

Selain masalah untuk mendapatkan job review, menggunakan domain level atas ini juga bisa terlihat lebih profesional. Misalnya agak kurang pas jika da penyedia jasa pembuatan blog atau website masih menggunakan subdomain macam .blogspot.com atau .wordpress.com. Jika menggunakan domain level atas akan membuat calon klien lebi percaya.

Penggunaan domain TLD juga dapat membuat url blog kita menjadi lebih pendek. Kamu bisa bandingan antara “bamzsusilo.com” dengan bamzsusilo.blogspot.com, lebih mudah mana dan lebih pendek mana? Jadi tanpa pikir panjang, jika Kamu mau membuat blog, pakailah domain tingkat atas.

Saat melakukan blogging, kamu pasti memiliki tuntutan untuk diri kamu sendiri, bagaimana membangun blog menjadi lebih maju, berkembang, dan dapat dipercaya.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan, dari mulai melakukan riset artikel, membuat artikel, memostingnya di blog dan membagikannya di sosial media untuk dibaca banyak orang.

Isi artikel yang ditulis pun bisa beragam. Terkadang berisi tips, tutorial, ilmu pengetahuan, dan hal-hal lain yang diharapkan mampu untuk memberikan informasi bermanfaat kepada pembaca.
Selain itu kamu juga pasti berpikir apakah perlu blog kamu nantinya menggunakan domain khusus? Misalnya saja dengan membeli domain premium?

Kamu bisa membeli domain premium tersebut dengan harga yang cukup terjangkau di salah satu Web Hosting Indonesia seperti exabytes.co.id, domainku infowah.com, senapecel.com. dhanumedia, aku beli dari exabytes.co.id

Bagi kamu yang masih dilema atau ragu menggunakan domain premium untuk blog kamu, berikut akan aku paparkan beberapa alasan mengapa kamu perlu menngunakan domain premium (TLD) untuk blog yang kamu miliki.

Sembilan (9) Alasan Penting Kenapa Blog Perlu Domain Premium TLD
1. Untuk Meningkatkan SEO Blog / Website
Alasan pertama mengapa kamu perlu memilih domain premium untuk blog kamu, dikarenakan perlunya optimasi blog untuk menjadi lebih SEO dari sebelumnya.

Menggunakan domain premium akan membuat mesin pencari seperti google memberikan perhatian khusus dan menjadikan blog menjadi prioritas untuk mudah terindex di mesin pencari. Hal ini dipercaya banyak kalangan termasuk praktisi SEO dan blogger profesional lainnya.

Ini dikarenakan domain premium dipercaya mampu memberikan pengalaman baik bagi pengunjung serta bisa mendapatkan penghargaan dari mesin pencari dalam menilai keseriusan seorang blogger dengan blog yang dimilikinya. Potensi itu kemudian dimanfaatkan oleh blogger untuk dengan mudah blog mereka terindex di mesin pencari. Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan blog menjadi lebih SEO dari sebelumnya.

2. Gampang Diingat Pengunjung
Coba dipikir-pikir penting nggak sih jika domain yang kamu gunakan di blog kamu itu menjadi mudah diingat karena unik dan tidak terlalu panjang?

Dengan alasan tersebut maka membuat dan menggunakan domain khusus untuk optimasi domain name blog kamu akan sangat bermanfaat terutama untuk memperpendek domain name dengan menggunakan domain name khusus supaya blog kamu nantinya mudah di ingat oleh pengunjung.

Hal ini akan berdampak baik. Sebab jika suatu waktu pengunjung ingin mengunjungi blog kamu nantinya mereka akan dengan mudah masuk ke blog kamu hanya dengan memasukan domain blog di tab url browser atau pada pencarian.

3. Membangun Kepercayaan Pengunjung
Memiliki dan menggunakan domain premium, akan membuat blog kamu menjadi lebih diperhatikan pengunjung dan berpotensi mendapatkan kepercayaan. Hal ini tidak lain dikarenakan sebuah domain premium akan terkesan lebih profesional dan cenderung lebih menjadi prioritas pembaca ketimbang harus mengunjungi blog atau website yang masih menggunakan domain gratisan.

4. Untuk Keperluan Identitas dan Brand
Alasan penting lainnya mengapa memilih menggunakan domain premium, yakni untuk keperluan identitas dan brand. Hal ini masih erat kaitannya dengan poin nomor 2 di atas. Mengenai domain name supaya mudah diingat oleh pengunjung.

Keperluan identitas ini tidak hanya untuk membangun brand melainkan menunjukan keberadaan blog seacara jujur, dengan memperkenalkan blog dengan sebuah nama unik, khusus, dan hanya dimiliki oleh kamu.

Hal ini dikarenakan setiap orang tidak bisa mendaftarkan dan menggunakan domain name (nama domain) yang sama. Identitas inilah yang kemudian memberikan perbedaan antara blog yang kamu miliki dengan blog orang lain.

5. Membangun Keprofesionalan, Keseriusan, dan Tanggung Jawab
Sadar atau tidak sadar ketika kamu telah menggunakan domain premium. Respon diri kamu akan banyak terarah secara positif. Dimana mau tidak mau, terpaksa atau tidak terpakasa, dan bagaimanapun caranya kamu akan berusaha membangun keprofesionalan, keseriusan, dan tanggung jawab dalam aktivitas blogging kamu nantinya.

Ini dikarenakan secara positif kamu akan tersugesti untuk menghargai domain premium dan identitas blogmu yang baru. Supaya nantinya kamu bisa menjadikan blog sesuai ekspetasi yang dipikirkan pengunjung dan pembaca blog. Karena secara pasti, kamu tidak ingin membuat pembaca blog kamu kecewa dengan apa yang mereka temukan nantinya.

6. Kemudahan dalam Pengajuan Sebagai Publisher Google Adsense Non Hosted
Alasan lain mengapa blog perlu memilih dan menggunakan domain premium adalah kemudahan untuk mengajukan blog ke google adsense.

Semua blogger pasti tahu bahwa untuk bisa menghasilkan uang dari aktivitas blogging salah satunya adalah menjadikan blog yang dimiliki sebagai publisher google adsense. Dan tentu saja untuk proses pengajuan yang berpotensi untuk diterima adalah dengan menggunakan domain yang sudah premium.

Selain itu, bila diterima dan disetujui oleh google adsense kamu akan mendapatkan akun adsense non hosted yang bisa dipasangkan ke semua blog yang kamu miliki baik blog yang masih menggunakan sub domain gratis maupun yang sudah menggunakan domain name premium kelas atas.

7. Beli Nama Domain Sebelum Orang Lain Membelinya
Kamu perlu tahu bahwa persaingan mendapatkan nama domain sangatlah ketat di jagad maya ini. Karena nama domain merupakan sebuah trademark, apalagi di dalam dunia bisnis, yang menjadi cermin sebuah merk komersil bagi kemajuan suatu bisnis. Jika Kamu sudah membayangkan nama apa yang kamu inginkan untuk memulai sebuah blog profesional/bisnis, kenapa tidak membelinya?

Karena persaingan yang begitu ketat, maka tentu siapa cepat dialah yang dapat. Segera beli nama domain untuk Personal Branding Kamu sebelum orang lain membelinya. Cek selalu ketersediaan nama domain yang Kamu inginkan di penyedia domain dan segeralah membelinya sebelum orang lain mendahului kamu.

8. Personal Branding
Ya, lagi-lagi Personal Branding. Hal ini tentu menjadi tujuan setiap blogger yang ingin menjadi blogger sukses. Coba lihat blog Huntington Post atau pun blog-nya Raditya Dika. Sudah sesukses apa blog mereka? Sudah terbilang sangat sukses. 

Menghasilkan uang dengan blog pribadi mereka dan menjual popularitas Personal Branding yang telah dibangun oleh blog mereka, yang pada akhirnya menggunakan nama domain sendiri. Domain sendiri akan mempermudah langkah kamu untuk mencapai hal tersebut.

9. Bisa Digunakan Di Platform Blog Gratis
Penyedia blog gratis seperti blogspot, wordpress.com, dan tumblr sudah memberikan pelayanan untuk mendaftarkan nama domain sendiri apabila kamu sudah lebih dulu membuat blog dengan platform gratis. Maksudnya disini, kamu sebelumnya memiliki blog dengan URL namablog.blogspot.com. 

Ketika kamu membeli domain bernama namablog.com, kamu bisa mengubah namablog.blogspot.com menjadi namablog.com dengan blog dan isi yang tetap sama. Hebat, kan?

Baca juga: Cara Memasukka Postingan Ke Menu Blog

Itulah 9 alasan kenapa kamu membutuhkan blog dengan nama domain sendiri. Tapi ujung-ujungnya itu menjadi hakmu. Setidaknya aku menyediakan jalan berpikir bagi kamu kenapa membutuhkan nama domain sendiri untuk meraup sukses untuk blogmu.

Jadi memiliki domain premium untuk blog itu sangat penting guna membuat blog dan aktivitas blogging menjadi lebih mengasyikkan dan bermanfaat baik untuk pengunjung blog dan pemilik blog

Oiya, bagi kamu yang pengen blognya berdomain TLD, bisa hubungi jasa pembuatan blog yang sangat murah dan ramah. Silahkan hubungi disini.

Referensi
https://www.matahaya.com
https://www.seniberpikir.com

9 Alasan Mengapa Blogmu Harus Menggunakan Domain TLD? 9 Alasan Mengapa Blogmu Harus Menggunakan Domain TLD? Reviewed by Bembengers on Jumat, April 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads