Berpikir Positif Aja Dulu

Cerita ke 17

Yakinlah, yang terjadi padamu hari ini tak lain dan tak bukan adalah atas izin-Nya. jadi jangan kambinghitamkan orang lain atas kegagalan yang hari ini menimpamu. Kamu hanya perlu mengambil pelajaran berharga atas apa yang telah terjadi. Sembari mengintropeksi diri atas kesalahan yang mungkin terlupakan di masa lalu.

cc medium.com
Medium.com
Hari ini anggap saja sebagai awal baru untuk mulai merajut mimpi yang pernah kau usahakan. Setidaknya, niat untuk mewujudkan pernah terbersit dalam sanubari. Kau hanya tinggal mengokohkan fondasi mimpi yang telah berdiri tersebut. Bagaimana caranya? Setidaknya kau sudah pernah gagal, jadi sedikit banyaknya bakal tau hendak memulai dari mana agar tidak terjerembab ke lubang yang sama.

Kita pernah berada di posisi terendah dalam menjalani kehidupan ini. Orang-orang di sekeliling mengabaikan. Tak ada yang peduli. Rasanya pengen pergi meninggalkan dunia ini. namun apakah dengan keadaan tersebut lantas membuat kita menyerah. Padahal, kita belum benar-benar mencoba untuk melakukannya sekali lagi. Ketakutan kita terlalu berlebihan sehingga lebih memilih untuk menyerah ketimbang mencoba sekali lagi.

Lagi-lagi kita telah gagal menjadi diri yang membanggakan. Minimal membanggakan diri sendiri aja dulu. Karena ketika kita telah terbiasa keras menempah diri sendiri, kita akan mampu melewati setiap rintangan kehidupan yang datangnya kadang juga dadakan. Kita kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, padahal ketika dicoba, hasilnya tidaklah begitu mengecewakan. Kita hanya perlu memolesnya sedikit lagi.

Belum lagi mendengar ocehan mulut tetangga. Kita langsung merasa jatuh dan enggan berbuat lagi. Kritikannya seolah mematikan semangat yang pernah merasuki determinasimu untuk merajut mimpi. Hanya karena ocehan tetangga yang tak bermutu itu lantas kamu menyerah? BODOH sekali kamu. Bahkan keringatmu lebih mahal harganya ketimbang ludah ocehannya.

Kesemuanya itu kembali lagi pada diri kita masing-masing. Apakah mencari biang kerok atas kegagalan yang terjadi, atau berusaha berpikir positif bahwa ada pelajaran yang dapat dipetik. Kita perlu belajar memahami diri sendiri dahulu sebelum memahami orang lain. Dengan begitu, kita akan dapat dan mampu memposisikan diri dan harus mengambil langkah apa atas setiap masalah yang menimpa. Setidaknya, kita lebih bijak dalam beritindak.

Apalagi, yang berkaitan dengan jodoh. Ada saatnya ia belum bertemu denganmu karena memang kaulah yang belum siap. Sehingga Allah belum mempersilahkan ia hadir di kehidupanmu. Jangan sekali-sekali salahkan Allah atas jodoh yang tak kunjung datang. Tapi salahkanlah dirimu yang tak kunjung memantaskan. Karena jodoh datang tak hanya karena kesiapan, namun juga kepantasan.

Akhirnya, berpikir positif adalah cara pandang terbaik dalam menyikapi setiap masalah. Ibarat kebakaran, maka air seperti berpikir positif tadi yang mampu meredakan dan memberi jalan keluar. jadi, ketika kau merasa hidup ini tidak adil, atau menganggap Allah pilih kasih atas setiap hamba-Nya, maka sebaiknya kau harus berpikir positif. Karena menyalahkan keadaan sama saja mengurangi kadar keimananmu kepada-Nya.


Berpikir Positif Aja Dulu Berpikir Positif Aja Dulu Reviewed by Bembengers on Selasa, Mei 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang sopan dan bijak..

Post AD

home ads