Manfaat Organisasi: Pergaulan Perekat Kebersamaan

Oleh Bambang Edi Susilo
Mahasiswa merupakan pelajar yang duduk dibangku perkuliahan. Mahasiswa dianggap memiliki intelektual dan semangat belajar yang tinggi. Sehingga tak jarang mahasiswa disebut sebagai Agent of Change. Sebutan ini seakan memberikan kemuliaan bagi seorang mahasiswa.
Menjadi seorang mahasiswa bukanlah hal mudah, namun bisa dipermudah jika kita mau untuk menjalaninya dengan baik. Caranya, kita harus menjalankan kewajiban kita sebagai mahasiswa dengan sebaik-baik dan seharusnya. Menjadi mahasiswa jangan hanya sebatas mahasiswa biasa. Kita harus mengikuti arus pergaulan kampus, tentunya pergaulan yang memberikan dampak positif bagi perkuliahan dan perkembangan jati diri kita.
Di kampus, kita harus bisa membiasakan diri untuk menunjukkan rasa sosial yang tinggi. Itu semua bisa diwujudkan dengan bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada di kampus. Disana kita bisa menunjukkan bahwa kita mampu memberikan dampak yang baik di lingkungan kampus. Kita harusnya bisa menjadi contoh bagi rekan-rekan kita yang lain maupun junior yang akan bergabung nantinya.
Ketika kita berorganisasi, tentunya kita sering berkomunikasi dengan orang lain. Kita dengan karakter yang berbeda memungkinkan untuk berkomunikasi lebih intens dengan sesama pelaku dalam organisasi yang kita geluti. Tak jarang kita juga sesekali berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda di luar sana. Sehingga pergaulan yang awalnya hanya sebatas sesama anggota di organisasi, saat ini sudah semakin meluas.
Pergaulan yang baik apabila ada jalinan komunikasi yang terjadi dua arah. Kemudian komunikasi yang diisi dengan nilai-nilai wawasan dan infomatif. Sehingga pergaulan yang dibangun dengan dasar komunikasi akan dapat bermanfaat bagi pelaku pergaulan. Hal inilah yang diharapkan dapat diterapkan oleh mahasiswa dalam berorganisasi. Selain menambah perkembangan sosialnya, juga dapat memperbaiki cara berkomunikasi yang baik antar sesama.
Oscar Wilde pernah berkata,”Pada akhirnya ikatan dari semua bentuk kebersamaan, apakah itu berupa pernikahan atau persahabatan adalah percakapan." Kata hikmah ini seakan menyadarkan kita bahwa perkataan ataupun pergaulan yang didasari dengan komunikasi merupakan salah satu hal yang mutlak dibutuhkan untuk menjamin sebuah kebersamaan. So, tunggu apalagi kepada kawan-kawan mahasiswa marilah kita giatkan pergaulan positif kita dengan wadah organisasi yang kita geluti saat ini.

Penulis adalah Pemimpin Litbang LPM Dinamika IAIN SU 2014-2015
 




Manfaat Organisasi: Pergaulan Perekat Kebersamaan Manfaat Organisasi: Pergaulan Perekat Kebersamaan Reviewed by Bambang Edi Susilo on Tuesday, June 10, 2014 Rating: 5

Post AD

home ads