Satu Dasawarsa LKSM IAIN-SU



           
Medan, Magang Dinamika - Dalam rangka perayaan ulang tahun ke-10 Lembaga Kreatifitas Seni Mahasiswa atau yang lebih kerap dikenal dengan LKSM IAIN-SU, organisasi intra kampus ini mengadakan kegiatan festival budaya yang lebih mengutamakan pengenalan terhadap budaya yang saat ini sudah mulai luntur. Dan adanya  perkembangan teknologi dan sikap yang lebih individualis serta condong ke sosial media.
Banyak perlombaan yang dilaksanakan seperti menyanyi lagu daerah, bermain engrang, bakiak dan margala. Peserta yang ikut perlombaan ini tidak hanya dari IAIN namun juga dari luar IAIN seperti dari UNIMED dan MAN 3 MEDAN, namun antusiasme para peserta sangat kurang. “Miris sekali minat anak muda sekarang dengan kegiatan seperti ini karena sangat sedikit yang ikut perlombaan padahal sebenarnya berbagai permainan ini menitikberatkan kepada kebersamaan yang memang ditekankan oleh panitia dalam kegiatan kali ini. Sedangkan dekorasi seperti ini dipilih untuk menimbulkan efek dan suasana seperti diperkampungan. Kebudayaan itu kan ideintik dengan perkampungan, jadi supaya efeknya seperti diperkampungan, kami buat dekorasi menggunakan properti dari bambu-bambu”. ujar Fachruddin Zakaria selaku wakil ketua panitia
            Kegiatan festival budaya seperti ini sangat bagus dan bernilai positif untuk semua kalangan. “kegiatan ini sangat bagus, positif, menumbuhkan rasa cinta kepada kebudayaan kita sendiri, hanya saja, info mengenai perlombaan ini dirasa sangat kurang” ujar Amris Nasution, salah satu peserta perlombaan engrang.
            Bersyukurlah kita yang masa kecilnya masih berjumpa dengan permainan-permainan tradisional karena berarti masa kecil kita terselamatkan dari terkikisnya permainan tradisional yang mulai dikalahkan dengan kemajuan teknologi yang pesat. Salah satu pengunjung festival budaya ini yang bernama Eci dari fakultas Syariah IAIN SU, sangat setuju dengan kegiatan seperti ini dan berharap kegiatan ini bisa diadakan setiap tahunnya.
Reporter: Atika Winari Putri dan Diah Rizky Ningrum (Anggota Magang Dinamika)
Satu Dasawarsa LKSM IAIN-SU Satu Dasawarsa LKSM IAIN-SU Reviewed by Bambang Edi Susilo on Tuesday, October 28, 2014 Rating: 5

Post AD

home ads