Dinamika, Mengajarkanku Untuk Mencintai Peran Yang Digeluti #12


Ketika berorganisasi seseorang akan memiliki sebuah jabatan untuk mengisi bidang-bidang yang ada. Bidang-bidang tersebutlah yang akan bersinergi untuk memajukan sebuah organisasi. Walaupun memiliki peran yang berbeda-beda, namun tujuannya tetaplah sama, untuk menjadikan organisasi tersebut menjadi lebih baik lagi. Dan itu salah satu mengapa di sebuah organisasi menuntut seseorang untuk bekerja sama secara maksimal dalam menjalankan roda organisasi.

Dengan peran yang digeluti, banyak pengalaman dan ilmu yang dapat dipetik pastinya. Jika kita seorang pemimpin di sebuah organisasi tersebut, tentu lebih besar pula yag kita peroleh. Selain mendapatkan tanggungjawab yang besar, kemampuan memimpin organisasi akan kita miliki lebih banyak dibanding yang lainnya. Hal ini sangat bermanfaat buat diri kita nantinya setelah terjun di masyarakat. Karena, masyarakat membutuhkan orang-orang yang visioner dan bertanggungjawab dalam memajukan masyarakatnya.

Apalagi ketika kita menjadi seorang anggota. Menjadi anggota tidaklah buruk atau dianggap lemah. Justru dimulai dari anggotalah kita bisa menjadi seorang pemimpin. Ketika kita bisa memosisikan diri sebagai anggota yang baik, ke depannya kita akan dapat menjadi pemimpin yang baik pula. Satu kalimat di atas menjadi bukti tersendiri saat memimpin divisi yang ada di salah satu organisasi. Apa yang telah kita lakukan saat menjadi anggota ternyata berbanding lurus dengan apa yang terjadi saat kita memimpin.

Jika Anda sebagai anggota saat ini, tanggungjawablah kepada pimpinan Anda. Hal ini akan memberikan kepercayaan lebih buat Anda. Sehingga pekerjaan yang lebih berat akan dipercayakan kepada Anda suatu hari nanti. Apabila Anda sepele dengan pimpinan sendiri, maka Anda akan menjadi seseorang yang tak lebih dari pecundang. Selagi ajakan dan amanah yang bernilai positif, maka laksanakanlah. Namun, jika yang diperintahkan telah melenceng dari tujuan yang hendak kit capai, sah-sah saja jika kita tolak.

Satu hal yang perlu disadari ketika berorganisi adalah Anda harus berusaha mencintai setiap peran yang dimainkan. Jalani peran sesuai dengan koridor yang sesuai. Karena, pimpinanmu akan sangat melihat aktivitas yang sedang Anda lakukan. Seberapa besar Anda setia dengan pekerjaan atau peran yang dilakukan. Maka kepercayaan yang diberikan pimpinanmu akan semakin besar.

Anda harus menyadari bahwa peran yang dijalani saat ini adalah penting guna mecapai tujuan dari organisasi yang saat ini kita jalani. Apabila peran yang saat ini dijalani tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan, berarti ada yang salah dengan pelaksanaannya. Bisa jadi dengan seseorang yang berperan dalam pelaksanaan peran tersebut. Sehingga tujuan yang hendak dicapai akan mengalami penundaan. Akibatnya akan fatal jika tidak ada perbaikan dan penyelesaian.

Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, lakukanlah peran yang Anda jalani sesuai dengan perannya masing-masing. Supaya tidak ada peran yang dapat mengganggu stabilitas organisasi yang kita geluti.

Satu hal yang harus Anda pahami dimanapun nanti bekerja, cintailah peran yang Anda punya. Dengan mencintai peran tersebut, Anda akan dengan senang hati dan ikhlas menjalani segala pekerjaan yang menuntut Anda untuk mengerjakannya.
Dinamika, Mengajarkanku Untuk Mencintai Peran Yang Digeluti #12 Dinamika, Mengajarkanku Untuk Mencintai Peran Yang Digeluti #12 Reviewed by Bambang Edi Susilo on Tuesday, December 16, 2014 Rating: 5

Post AD

home ads