Sepakbola, Industri Yang Menggiurkan

Gb: Google
Pasti sebagian orang ada yang tidak setuju jika aku buat pernyataan bahwa sepakbola saat ini adalah olahraga yang paling diminati di seantero jagat raya. Karena mereka yang tidak setuju mengasumsikan sepakbola sebagai olahraga yang membosankan. Padahal asumsi itu ternyata salah. Kita bisa lihat gimana demam sepakbola pada pagelaran piala dunia ataupun piala eropa. Baik pria atau wanita, tua dan muda, kaya dan miskin menyambut datangnya pesta sepakbola paling akbar sejagat raya, piala dunia. Itu faktanya.

Kita bisa lihat warung-warung, tempat nongkrong, bahkan lapangan di pusat-pust kota menghadirkan tayangan pertandingan sepakbola yaitu piala dunia. Seakan-akan menjadi pasar yang menjadi pusat keramaian malam. Bahkan orang yang tak suka menonton bola pun ingin ikut ambil bagian di perhelatan pesta bola ini. Lihat saja apa tak menguntungkan bagi pemilik warung, tukang parkir, souvenir sepakbola, kaos bola, syal, stiker dan masih banyak lagi. Secara langsung pesta sepakbola membawa berkah bagi para pedagang dan profesi lainnya.

Sepakbola memang telah menjadi budaya yang sulit dihilangkan di tengah-tengah masyarakat. Bukan karena jenis olahraganya saja, namun hal hal diluar sepakbola yang bersentuhan secara tidak langsung memiliki keterkaitan yang sangat erat. Contohnya saja jual beli pemain sepakbola yang bernilai tinggi hingga triliunan, Gareth Bale yang bernilai 1,4 triliun saat pindah dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid. Dibalik nilai itu sebenarnya ada fenomena bisnis instan yang menggiurkan.

Kita bisa melihat nama-nama beken seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham yang menjadi mata pencaharian klubnya. Dengan nama besar dan ketenaran mereka di lapangan hijau, bukan tak mungkin bisa menaikkan income klub yang dibela. Lihat saja, dengan banyaknya para pengunjung yang masuk ke stadion, penjualan souvenir, iklan dll. Tentunya dengan ketenaran nama-nama di atas, menjadi bisnis industri yang bernilai harganya.

Belum lagi bandar judi internasional seperti Bwin, William Hill dan lainnya. Sepakbola merupakan ajang perjudian terbesar di seluruh dunia yang menyedot jutaan penduduk bumi. Bayangkan saja, Bwin pernah memecahkan rekor pada tahun 2009 dengan pemasukan 400 juta euro(okezone.co.id). hal ini menandakan dan tak meragukan lagi bahwa sepakbola menjadi industri yang menjanjikan untuk saat ini bagi milyurder dunia.

Kita bisa lihat tim-tim sepakbola yang memiliki nilai jual sangat tinggi, tahun 2014 lalu Real Madrid bernilai 3,44 miliar dolar AS atau 40,14 triliun dan menempati urutan pertama klub sepakbola termahal menurut Forbes. Dibawahnya mengikuti Barcelona dengan nilai 3,2 miliar dolar AS dan Manchester United senilai 2,81 miliar dollar AS. Dengan nilai yang begitu wah, bukan tak mungkin sangat memengaruhi saham internasional.


Kita tunggu, mampukah sepakbola menjadi pendobrak negaranya dalam memajukan industri yang berdampak positif. Karena, beberapa negara yang lain bahkan bangkrut dalam perjudiannya di industri sepakbola, contoh nyata Italia saat ini.
Sepakbola, Industri Yang Menggiurkan Sepakbola, Industri Yang Menggiurkan Reviewed by Bambang Edi Susilo on Tuesday, March 03, 2015 Rating: 5

Post AD

home ads