Ngeblog itu Hobi, Bonusnya Rupiah Akan Menyusul

Di era digital, bekerja tidak bisa diartikan hanya sebatas berangkat pagi ke kantor dan pulang sore hari. Saat ini bekerja bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Tak terikat dengan tempat dan waktu. Bahkan bekerja bisa dilakukan di dalam kamar di pagi hari. Padahal pada jam segitu pekerja kebanyakan berada di jalan  atau di angkutan umum hendak menuju kantor.

Namun faktanya apakah semua orang bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan? Atau membangun sebuah usaha yang bisa meraup penghasilan? Jawabannya adalah tidak. Karena tidak semua orang mau berusaha dari dasar, berjuang menciptakan inovasi, jatuh bangun menghadapi segala tantangan dalam usaha. Jarang sekali ada orang yang mampu melewati tahap tersebut.

Hingga pada akhirnya kita hanyalah menjadi penonton bagi orang orang yang telah berjuang hingga sukses. Dan apakah kamu mau menjadi penonton terus? Tentu tidak kan?

Kreatif Membaca Peluang
Saat ini siapa saja bisa menjadi apa yang dia mau. Asalkan dia mau berusaha dan bekerja keras, segala yang dimpikan bisa terwujud. Apalagi era digital membuat kita semakin mudah dalam melakukan segala sesuatu. 

Misalnya kamu memiliki skill menulis, kamu tidak perlu repot melamar menjadi jurnalis di media cetak atau online. Kamu cukup gabung di komunitas yang menawarkan jasa pembuatan konten di bidang kepenulisan. Atau kamu tidak perlu repot mencari penerbit buku untuk menerbitkan naskah yang telah kamu garap. 

Dengan menjadi penulis konten, kamu akan lebih bebas membahas dan mengeksplorasi tulisan kamu sesuai dengan permintaan klien. Tentunya dengan riset dan data yang valid akan memoles tulisan kita lebih berkualitas. Terpentingnya menyampaikan sesuatu apa adanya tanpa melebihkan dan mengurangkan. Kamu hanya membutuhkan media blog sebagai sarananya. Bisa konsultasi ke Sanger Learning bagaimana cara pembuatan blog atau website.

Baca juga: Alasan mengapa Kamu Harus Punya Blog

Sebagai penulis, kita dihadapkan pada situasi hoax yang sudah menjadi santapan sehari hari para pembaca jagat medsos. Sehingga kaidah jurnalistik dan etika menyampaikan informasi di media sosial adalah suatu keharusan bagi penulis konten. Tentu kita tidak ingin akibat dari konten yang kita buat nantinya tersandung pidana karena penyebaran hoax.

Sehingga kecakapan dan kehati-hatian seorang penulis konten menjadi kunci utama agar kredibilitasnya di mata perusahaan akan tetap terjaga. Karena perusahaan tentu tidak ingin brand atau produk yang kita publish di blog kita mengandung unsur yang bersinggungan dengan tindak pidana. Seorang penulis konten harus menguasai kaidah jurnalistik/ kaidah pemberitaan media daring. Saelain itu juga dia harus sedikit banyak mesti mengetahui UU ITE. 

Penulis konten juga dapat mengasah kemampuannya mengisi kolom tulisan di media yang sudah gede seperti Kumparan, Tirto, Kompasiana untuk menambah jam terbang. Karena menulis adalah persoalan seberapa sering dan bermanfaat dari tulisan yang dihasilkan.

5 Hal Penting Agar Tulisan Kamu Dibaca Orang
pada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum menulis sesuatu. Supaya tulisan kamu berbobot dan akan dibaca orang lain. Yang pertama kamu harus menguasai tema/topik bahasan yang hendak kamu tulis. Caranya dengan membaca literatur dan wawancara kepada narasumber yang kompeten di bidang tersebut.

Kemudian riset adalah hal terpenting dalam sebuah tulisan. Ibarat kalau mau menyelesaikan skripsi, kan ada risetnya tuh. Hah, kalau menulis konten untuk blog juga sama. Riset terkait tema yang akan diulas bakal viral atau gak. Selanjutnya riset terkait kelengkapan data yang mendukung tulisan tersebut. 

Membuat kerangka tulisan juga sangatlah penting. Tulisan kamu akan terstruktur dan enak dibaca. Selain itu tulisan kamu juga akan fokus membahas satu  tema, tidak melebar ke tema lain. Hal penting yang harus  ditambahin dalam tulisan kamu adalah gambar dan infografis. Fungsinya agar tulisan tidak monoton dan membosankan. 

Jika kamu sebagai penulis konten menguasai beberapa hal di atas, bukan tidak mungkin kamu bakal dilirik berbagai brand dan perusahaan ternama untuk mengulas produk andalan mereka.  Dan perlu dingat bahwa semua itu tidak hanya karena uang, melainkan penyaluran hobi dan tentunya untuk penyebaran konten positif  bagi masyarakat demi mengimbangi merebaknya konten hoax di zaman digital saat ini. Uang hanya sebatas bonus saja.
#SangerLearningBlogCompetition



Ngeblog itu Hobi, Bonusnya Rupiah Akan Menyusul Ngeblog itu Hobi, Bonusnya Rupiah Akan Menyusul Reviewed by Bembengers on Sunday, October 28, 2018 Rating: 5

4 comments

Feriald said...

Lanjutkan belajarnya om. Semoga makin banyak pundi rupiahnya

Siti Nurjannah Tambunan said...

Sepakat sama bembeng... rupiah itu bonus. kalo dah nulis rasanya plong gitu ya kan dek.. sukses ya dek, semoga juara , tentunya setelah kakak.. wkwkwkwk

Ika Rahmadani Lubis said...

Yang penting salurkan hobi yakan bang. Emang kadang hobi yang dapat bayaran itu something yakan bang

Agnesiarezita said...

Setuju kali bang, mengalir aja terus menulis. Lainnya itu bonus, hadiah dari perjuangan.

Post AD

home ads