Covid-19, Lebih Baik Mencegah Agar Tak Resah

foto: tribunnews.com

Banyak dari kita menganggap bahwa keramaian adalah hal yang patut dihindari dalam beberapa waktu belakangan ini. Tentu yang menjadi alasan adanya anggapan tersebut tidak lain karena keadaan krusial yang saat ini masih kita alami. Pandemi yang tak kunjung pergi sangat berdampak bagi seluruh penduduk bumi, tidak terkecuali bumi Pertiwi. Dengan adanya polemik ini, seharusnya kita sadar dan tidak saling menakuti. Setidaknya, yang perlu kita lakukan adalah mencegah daripada mencari siapa yang salah.

Seperti yang kita ketahui, angka positif terus bertambah dan lagi-lagi itu membuat kita gundah. Merasa tak punya kuasa keluar rumah. Yang biasanya keluar mencari nafkah hingga lelah. Dan melakukan segala aktifitas tanpa diselimuti resah. Semua kebiasaan tersebut seolah vakum dan menjadi masalah baru untuk hampir seluruh kaum. Lalu, sampai kapan harus berdiam diri dibawah atap dengan harap yang kian basi? Lumpuh total dalam keseharian bukanlah sebuah solusi yang memecahkan. Karena yang terjadi bukanlah sesuatu yang dapat kita pastikan kapan berakhirnya. 


Sejauh ini, telah berbagai upaya kita lakukan demi mengurangi angka positif tersebut. Salah satunya yang saat ini sangat ramai dilakukan yaitu swab test untuk mengetahui dan melindungi diri dari kemungkinan yang ada. Selain itu, tentu banyak sekali upaya yang dapat kita lakukan dan dimulai dari hal-hal sederhana yang sangat mudah khususnya ketika kita berada diluar rumah. Dengan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi, tentu kita harus mengunjungi pusat perbelanjaan untuk memenuhinya. Lantas, bagaimana cara kita mencegah penularan covid ketika berada di pasar atau swalayan? Apa sajakah upaya pencegahan yang dapat kita lakukan?

Pertama, memakai masker. Terdengar sangat mudah dilakukan namun masih banyak yang meremehkan hal tersebut. Menganggap tidak adanya pengaruh apapun saat sedang mengenakan masker atau tidak. Padahal, dengan memakai masker, kita telah melindungi diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekitar kita dari paparan virus yang berdampak serius. 

Kedua, mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang apapun. Tips kedua ini juga tentu sering sekali kita lakukan dan tanpa disadari telah menjadi kebiasaan positif bagi kesahatan diri sendiri dan lingkungan. Maka, saat berada di pasar/swalayan pun kebiasaan ini tidak boleh alpha dilakukan.

Ketiga, melakukan pembatasan jarak fisik sebisa mungkin. Mengingat banyaknya populasi manusia yang mengunjungi pasar/swalayan, maka perlu mengambil jarak dengan yang lainnya. Dengan begitu, kita telah mengamankan diri kita juga orang lain.


Keempat, tidak menyentuh benda-benda secara sembarangan. Setalah kita melakukan kebiasaan mencuci tangan, maka ada baiknya tangan yang telah bersih tersebut kita jaga dengan tidak menyentuh benda-benda apapun yang tidak dibutuhkan dan berniat untuk membelinya. Dengan begitu, tangan kita tetap terpelihara secara sehat dan higienis.

Itulah beberapa tips dalam upaya pencegahan covid 19 ketika berada di pasar/swalayan. Tips sederhana yang mudah-mudahan membuat sadar akan kepedulian antar sesama. Karena kita mampu cegah meskipun berada diluar rumah. 
Covid-19, Lebih Baik Mencegah Agar Tak Resah Covid-19, Lebih Baik Mencegah Agar Tak Resah Reviewed by Bembengers on Sabtu, Desember 19, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang sopan dan bijak..

Post AD

home ads