Dampak Teknologi dari Kacamata Pendidikan



Teknologi telah menjadi bagian terpenting dalam hidup manusia saat ini. segala sesuatu yan dilakukan manusia sedikit banyak menggunakan jasa teknologi. Mulai dari berkomunikasi, menyiapkan makanan dan minuman, kebutuhan informasi, hiburan, layanan transaksi pembayaran dan masih banyak lagi. Hampir seluruh pekerjaan manusia telah dibantu dengan teknologi. Teknologi telah menjadi momok yang begitu sentral dalam keseharian kita. 

Namun, beberapa dampak akan timbul dengan tergantungnya manusia akan teknologi. Kita akan bahas dari sudut pandang pendidikan. Cekidot...

Dampak Teknologi Informasi Bagi Pendidikan
1.  Malas belajar dan mengerjakan tugas
Penggunaaan komputer juga menimbulkan dampak negatif dalam dunia pendidikan. Seseorang terutama anak-anak yang terbiasa menggunakan komputer, cenderung menjadi malas karena mereka menjadi lebih tertarik untuk bermain komputer dari pada mengerjakan tugas atau belajar.
 Solusi :
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan memaksimalkan peran serta orang tua dalam memberikan perhatian, pengertian dan membimbing anak-anak dalam belajar dan bermain. Sehingga bila anak-anak dirasa sudah berlebihan dalam menggunakan komputer orang tua bisa segera membatasi dan mencegah terjadinya ketergantungan.
2. Perubahan Tulisan Tangan
Dengan kemudahan dan kepraktian yang diberikan oleh komputer, terutama dalam hal menuliskan suatu text, membuat seseorang cenderung memilih untuk mengetik daripada harus menulis secara manual. Akibatnya, lama kelamaan seseorang akan mengalami
perubahan tulisan, dari yang dulunya rapih, sampai akhirnya menjadi tulisan yang berantakan dan sulit dibaca, Hal tersebut karena mereka tidak lagi terbiasa untuk menulis secara manual.
Solusi :
Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif tersebut yaitu dengan menyeimbangkan antara penggunaan tulisan manual dengan mengetik di komputer. Cobalah untuk tidak hanya mengandalkan komputer untuk membuat suatu text, karena perlu disadari bahwa tidak selamanya kita dapat mengandalkan teknologi. Teknologi hanyalah seperangkat alat yang bisa saja tiba-tiba terjadi kerusakan ataupun error, yang dimana pada saat itu kita tidak dapat lagi mengandalkannya, sehingga kita juga harus dapat menyeimbangkan antara penggunaan secara manual dengan penggunaan teknologi.
Sumber referensi


Dampak Teknologi dari Kacamata Pendidikan Dampak Teknologi dari Kacamata Pendidikan Reviewed by Bambang Edi Susilo on Saturday, February 08, 2014 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads