Sosok Inspiratifku Adalah Kamu


Cerita 6
“Beng, siapa sih orang yang pa;ling berpengaruh di hidupmu?”
Seorang teman pernah menanyaiku seperti itu. Lantas aku bingung menjawabnya. Seingatku, tak ada satu orangpun yang pernah menjadi sangat berpengaruh dalam karirku. Baik itu di masa sekolah, kuliah maupun kerja sampai detik ini.

Karena aku menempatkan mereka lebih dari sekedar sosok inpiratif, melainkan orang yang sangat – sangat berharga. Yah, setiap 0rang yang kujumpai tak sekedar hanya sebatas komunikasi say halo semata. Namun ada pelajaran yang aku curi dari dirinya. Baik ilmu, kebaikan, dan segala yang positif dari dirinya.

foto: hipwee.com
Kita tak boleh mengklaim bahwa orang yang berkelakukan kurang baik benar-benar melakukan tindakan tersebut dengan sengaja. Bisa jadi yang dilakukannya karena keterpaksaan dan keterbatasan. Bahkan dia melakukan kejahatan tersebut tidak dari hati nuraninya.

Lantas kita tak boleh menghakimi atas tindakannya tersebut. Karena bisa jadi kejahatan yang dilakukannya atas dasar kebaikan. Contohnya saja orang yang ada di dalam penjara, belum tentu dia benar benar bersalah sehingga mengakibatkan masuk ke dalam penjara. Bisa jadi ada proses hukum yang tidak adil sedang menimpanya. Atau ada penguasa yang menggunakan kekuasaan untuk menjatuhkan sanksi kepadanya.

Lagi-lagi kita dilarang mendahului justifikasi atas segala sesuatu. curiga boleh, waspada juga harus, namun jangan sampai sikap skeptis memengaruhi nilai persaudaraan antar sesama. Karena sangat berharga sekali sebuah ikatan silaturahmi dikorbankan dengan rasa saling curiga dan menghakimi.

Baik kembali ke topik.

Memang benar orangtua adalah sosok yang paling berpengaruh dalam proses pembentukan jati diri seorang anak. Dan itu secara nyata aku amini. Dengan didikan yang cukup mandiri, menempah kepribadian seseorang menjadi tumbuh lebih dewasa dalam menjalani persoalan hidup.

Sejak dibangku sekolah dasar aku sudah pernah jauh dari orangtua. Tinggal bersama kakek dan nenek secara bergantian. 3 tahun hidup bersama kakek dari mamakku, dan 3 tahun hidup bersama kakek dari bapakku. Dengan begitu aku jadi banyak teman, hanya sedihnya, aku jadi rindu dengan orangtua. Namun di kala itu doa lah yang bisa kupanjatkan semoga mereka baik baik di sana. Aamiin.

Tak hanya di bangku SD, tinggal bersama kakek dan nenek juga aku rasakan di kala MTs dan MA. Namun, karena sudah terbiasa dengan keadaan seperti itu, aku sudah cukup dewasa menerima kenyataan. Hidup harus terus berlanjut, karena ada masa depan yang harus dijemput. Tak boleh gara-gara itu semangat jadi surut.

Hingga di bangku kuliah aku juga tak sempat menikmati hidup sehari-hari bersama orangtua. Karena pada saat itu kuliah juga di luar kota. Sehingga mengharuskan untuk ngekost. Padahal orangtua sudah berada di rumah. Yah, lagi-lagi aku harus ikhlas menjalaninya. Mungkin ini bagian dari rencana tuhan yang punya maksud baik. Begitu pikirku kala itu.

Sebenarnya dengan keadaan yang sulit menurut beberapa orang yang tau tentang kehidupanku, mereka berasumsi bahwa aku tak menikmati masa kanak kanak dengan bahagia. Tak banyak mendapatkan curahan kasih sayang secara langsung. Namun dengan tegas aku menampiknya.

Justru dengan jenis pengasuhan jalur mandiri (aku menyebutnya) dari orangtuaku membuat banyak perubahan positif dari diriku. Mungkin teman-teman sekolah dan kuliah pada paham. Bisa di cek kebenarannya kepada mereka. Kebetulan mereka masih pada bernafas.

Sekali lagi aku tegaskan tak memiliki sosok inspiratif secara khusus. Hanya saja mereka terlalu kecil jika disebut sebatas itu. Namun lebih dari itu. 

Mungkin sekian aja tulisan kali ini. karena memang kali ini aku tak menemukan banyak ide untuk menulis. Hal  ini dikarenakan kamu yang sedang ngambek. Eh, maaf ya. Abang emang ngeselin, tapi abang penyayang kok.

#Chalengewithyou



Baca di bawah ini cerita sebelumnya.

Cerita 1 - tentang Kegagalan disini
Cerita 2 - tentang Perjuangan disini
Cerita 3 - Rindu Mantan disini
Cerita 4 - Virus Yang Paling Mematikan disini
Cerita 5 - Memaksa Tuhan Mengabulkan Impianmu disini



Sosok Inspiratifku Adalah Kamu Sosok Inspiratifku Adalah Kamu Reviewed by Bembengers on Senin, April 13, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Berkomentarlah yang sopan dan bijak..

Post AD

home ads