Ber-gadget dalam Pembelajaran di Kelas, Positifkah?


foto: google

Pada era sekarang, hampir seluruh dunia menggunakan gadget sebagai salah satu kebutuhan primer manusia. Gadget telah menjadi sarana dan media yang berpengaruh besar dalam membantu dan memudahkan aktivitas manusia. Baik yang tua atau muda dan profesi apapun dia, gadget menjadi pilihan utama mengisi kehidupan sehari-harinya. Tak dapat dipungkiri manfaat gadget telah menjadi hal yang harus dimiliki siapa saja. 

Sama halnya dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Gadget memungkinkan dapat membantu siswa maupun guru yang sedang melangsungkan kegiatan pembelajaran. Contohnya saja saat berdiskusi kelompok, jika materi di dalam buku terbatas, gadget bisa menjadi solusi untuk mencari bahan-bahan di internet. Sehingga ilmu dan wawasan baru akan terbentuk dalam diskusi di kelas tersebut. 
 
Guru juga dapat memperbaharui materi yang akan disampaikannya dengan membubuhi materi-materi tambahan supaya lebih menarik perhatian siswa. Biasanya gadget menyediakan jenis aplikasi pembelajaran yang mobile dan ringkas. Sehingga memudahkan kita untuk mengaksesnya dan mengambil intisari dari materi yang akan kita bahas di kelas.
 
Pandangan beberapa para facebooker mengenai pemanfaatan gadget dalam pembelajaran dapat kita lihat pada uraian berikut,
-            Cahaya Ima Siswantoputri - Pemanfaatan gadget utk pembelajaran dikelas lumayan bagus. Bisa jd salah satu media pembelajaran. Tapi kalau selalu memakai gadget, takutnya gak terbiasa menulis di buku, gak baca buku lagi. Tapi semua bergantung dengan gadget. Mungkin gadget sebagai selingan saja.
-            Nurhamsi Deswila - Memudahkan mengenalkan anak keperkembangan teknologi. Mempercepat pencarian informasi. Gabar atau bahan belajar yang sesuai. Dengan kemampuan manajemen kelas yang kuat dari gurunya. Kalau tidak, merugikan.
-            Djafar Pakcik - Sejak itu saya tak mau ujian tulis lagi.
-            Mas Santo - sangat bermanfaat. Bisa membuka cakrawala berfikir yang beda. Lebih menarik dan diharapkan bisa menghasilkan generasi yang kreatif dan produktif.

Sekarang bagaimana kita sebagai seorang pendidik ataupun pelajar harus bisa mengambil nilai positif dari gadget tersebut. Jika pemanfaatan gadget lebih banyak memberi dampak positif dalam kegiatan pembelajaran, sudah barang tentu kita akan sepakat untuk memanfaatkannya. Namun, jika ternyata nilai negatifnya lebih dominan, cukup sekian dan terimakaksih untuk gadget digunakan dalam kelas.
 
Ber-gadget dalam Pembelajaran di Kelas, Positifkah? Ber-gadget dalam Pembelajaran di Kelas, Positifkah? Reviewed by Bambang Edi Susilo on Monday, June 15, 2015 Rating: 5

No comments

Post AD

home ads